Pesona Indah Air Terjun Sumuran di Lereng Gunung Telomoyo

BNews—NGABLAK—Destinasi wisata air terjun Sumuran menawarkan pesona yang luar biasa. Air di lokasi ini tak pernah surut dan berasal dari sumber mata air sehingga airnya jernih dan sangat segar.

Lokasi ini berada di ketinggian sekitar 1.100 mdpl, berada di lereng gunung Telomoyo dan tinggi air terjun sekitar 40 meter. Tepatnya berada di desa Seloprojo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang.

Salah satu pengelola air terjun Sumuran, Sunar, mengatakan ada yang unik dengan air terjun Sumuran ini. Menurutnya, selama keberadaannya, sumur ini tidak pernah kemasukan batu ataupun lumpur dan tanah.

“Meski hujan turun dengan deras, tidak pernah membawa material batu dan tanah,” katanya.

Kemudian, tepatnya di bawah air terjur ini terdapat lubang mirip sumur yang diyakini oleh penduduk setempat sedalam 30 meter. ”Kita pernah mencoba mengukur dengan bambu dan memperkirakan kedalamannya mencapai 30 meter,” papar dia.

Dia menjelaskan, dengan adanya lubang mirip sumur tersebut maka lokasi ini dinamakan Sumuran. Air dari air terjun ini dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan dan sawah yang ada di Seloprojo.

 ”Bahkan warga dari desa Pagergunung (dusun sebelah) juga mengambil air dari sini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sunar mengungkapkan bahwa konon menurut cerita nenek moyang, air terjun Sumuran ini ada penunggunya. Yakni mahluk gaib menyerupai ular naga, namun tidak pernah mengganggu.

”Jadi cerita dari kakek nenek pendahulu, di sini ada penunggu berupa mahluk gaib yaitu ular Naga. Namun demikian belum ada warga yang melihatnya. Jadi kita hanya meyakini legenda itu, ular Naga golek Kencono,” pungkasnya.

Sebagai informasi, hingga saat ini wisata air terjun Sumuran masih belum direkomendasikan untuk dibuka karena pandemi Covid-19. Namun di hari biasa, wisatawan sudah banyak yang berkunjung. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: