Pintu Perbatasan Jogja Bakal Diperketat di Tempel dan Prambanan Selama 24 Jam

BNews—SLEMAN— Pemerintah Kabupaten Sleman semakin serius menjaga kawasannya dalam mengurangi penyebearan virus Corona (Covid-19). Mereka akan menggalakkan pemantauan dan pengetatan masuk kawasan Sleman di dua titik.

Kepala Seksi Angkutan dan Terminal Bidang Transportasi Dishub Sleman Tetty Tamiyati mengatakan pihaknya akan membantun dua posko di perbatasan. Yakni Tempel berbatasan dengan Magelang dan Prambanan yang berbatasan dengan Klaten.

Kedua posko ini akan berfungsi selama 24 Jam. Semua kendaraan akan diperiksa terutama dengan plat nomor luar kota. “Sementara ini udah dilakukan penegakan aturan, tapi masih persuasif, karena DIY belum menerapkan PSBB,” ujarnya kemarin.

Dia mengatakan untuk melaksanakan pengawasan selama 24 jam akan dilakukan secara bertahap. Dimana tahap awal akan dilangsungkan mulai pukul 08.30-12.00 WIB.

Namun ke depan, posko ini akan aktif selama 24 jam dengan menggunakan sistem tiga shift. Mekanisme ini dilakukan untuk memaksimalkan pendataan dan pemantauan terhadap pendatang.

“Untuk Minggu ini kami masih 1 shift jaga. Kebetulan siang ini penjagaan di Perbatasan Tempel dan Prambanan dibantu provost juga yang terjun ke lapangan,” terangnya.  

Sejumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Sleman dihentikan dan diperiksa oleh petugas di Posko tersebut. Kendaraan yang dihentikan oleh petugas rata-rata kendaraan dengan pelat luar daerah seperti Jakarta, Bekasi, Banten, Kendal dan Semarang.

Loading...

Selain itu, angkutan bus dan travel dari lintas Sumatra juga dihentikan.

Petugas kemudian mendata jumlah dan identitas seluruh penumpang serta tujuan masuk ke wilayah DIY dan kegiatan pemeriksaan ini masih dalam bentuk persuasif.

“Untuk kendaraan sepeda motor yang berasal luar kota akan ditanyakan asal dan tujuan perjalanan, diwajibkan memakai masker dan disarankan setelah sampai tujuan untuk isolasi diri selama ada di Yogyakarta serta melaporkan kepada RT/RW setempat,” ujarnya. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: