PKB Magelang Fasilitasi Pemberangkatan Santri Ke Sejumlah Ponpes di Jawa Timur

BNews–TEGALREJO– Fase New Normal sejumlah Pondok Pesantren di Jawa Timur sudah mulai persiapan aktifitas belajar mengajar. Sama halnya seperti Ponpes Lirboyo, Ploso , Tebuireng dan sebagainya.

Dalam suasana Pandemi covid-19 yang berdampak pada semua sektor kehidupan mulai Kesehatan, Pendidikan dan perekonomian, DPC PKB Magelang terus berusaha meneguhkan komitmennya. Mereka memberikan advokasi dan pendampingan bagi keberlangsungan Pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren baik di Magelang maupun para santri Magelang yang mondok di luar Magelang.

“Harapannya agar tetap semangat dan menjalankan proses belajar mengajar di Pondok Pesantren,”ungkap Suwarsa Ketua DPC PKB Magelang (5/7/2020).

Oleh sebab itu, lanjutnya Minggu pagi DPC PKB Magelang memberikan fasilitasi akomodasi berupa tranportasi 7 bus dan bekal perjalanan para santriwan santriwati seperti masker danlainnya. Dimana mereka akan kembali ke Ponpes Lirboyo dan Ploso Jawa Timur.

“Terdapat 387 santri ( Pa/Pi) pada hari ini yang diberangkatkan ke Ponpes Lirboyo untuk kembali mondok yang kita fasilitasi. Pemberangkatan di lakukan di depan Aula API Tegalrejo, Magelang dan menyusul yang masih dalam persiapan para santri Ploso yang masih menunggu jadwal keberangkatan juga akan kita fasilitasi,” paparnya.

Dalam acara pelepasan keberangkatan dilakukan oleh KH Achmad Izzudin LC, MS.i selaku ketua PC NU Magelang. Turut hadir juga KH Muhammad Yusuf Chudlori Ketua DPW PKB Jawa Tengah sekaligus juga Wali Santri, KH Muhammad Mahin ( Gus Mahin ) , Suwarsa Ketua DPC PKB Magelang.

Ada juga anggota FPKB Sukur Akhadi, Mahmud SH, Muh Adib S.Ag, H Islahudin, Suherman SE, Gunawan Sugiarno SH, Miftahul Huda, S.Ag. MS.I. Ketua RMI Kabupaten Magelang KH Amin Mustofa serta para Wali Santri dan alumni Santri Lorboyo.

Loading...

Ketua PCNU Magelang, KH Achmad Izuddin LC.MS.i atau yang sering di panggil Gus Din memberikan arahan kepada para santri agar tetap semangat dengan niat yang ihlas.  Tentunya dalam menjalankan niat Tolabul ‘ilmi ( menuntut ilmu).

DOWNLOAD LAGU AISYIAH ISTRI ROSULULLAH (KLIK DISINI)

“Karena hanya dengan tiga syarat pertama kesungguhan dan niat yang ihlas para santri, kedua doa orang tua dan ketiga kesungguhan Guru atau Kyai dalam membimbingnya Insya Allah santri akan mendapat ilmu yang manfaat dan barokah yang berguna bagi masyarakat Bangsa dan Negara Republik Indonesia,” ungkapnya.

Beberapa tokoh NU dan PKB Magelang ikut iringi pemberangkatan santri (5/7/2020)-(Foto: Istimewa)
Beberapa tokoh NU dan PKB Magelang ikut iringi pemberangkatan santri (5/7/2020)-(Foto: Istimewa)

Sementara KH Muhammad Mahin ( Gus Mahin ) mewakili Wali Santri menyampaikan apresisasi pada DPC PKB, anggota FPKB dan para Kader PKB yang telah peduli. Tentunya dalam meringankan beban yang dialami olhh para wali santri dan khususnya santri Lirboyo ini.

“Karena perhatiannya , proses keberangkatan santri ke Ponpes Lirboyo pada saat ini dapat berjalan lancar. Semoga apa yang telah dilakukan oleh temen temen PKB mendapat ridlo dari Allah SWT dan diberikan amanah di dalam menjalankan tugas dan fungsinya di Pemerintahan Kabupaten Magelang,” ujarnya.

Sedangkan Sukur Akhadi mewakili anggota FPKB menyampaikan bahwa semua fasilitasi tersebut merupakan murni swadaya dari kader kader PKB. “Ya semua ini berasal baik yang ada di Executif maupun legislatif. Kami patungan bersama untuk meringankan beban yang di alami oleh para wali santri dan santri akibat dampak covid 19 saat ini,” ujarnya.

Dia berharap semoga partisipasi dari DPC PKB dapat sedikit meringankan beban para wali santri; dan menjadi motivasi bagi adik adik santri agar tetap semangat di dalam menuntut ilmu. “Semoga kelak bisa melanjutkan perjuangan Simbah KH Abdul Manaf ( Almrhm). Ia adalah selaku pendiri pondok Pesantren Lirboyo Jawa Timur yang asli dari Banar Mertoyudan Magelang,” harapnya.

“Saya juga berharap dengan do’a para satri santri Lirboyo; agar kami yang mendapat amanah di dalam Pemerintahan Kabupaten Magelang selalu mendapat bimbingan dari Allah SWT. Dan bisa terus bersinergi dengan NU dan Pondok Pesantren dalam upaya mencerdaskan kehidupan Bangsa dan Negara,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: