PPMT UNIMMA Dampingi Guru Di SDN Sutopati 1, Ini Yang Dilakukan

BNews–MAGELANG –  Kembali Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) turun ditengah masyarakat. Dalam program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) melalui pelatihan pembuatan media belajar mandiri.

Dan kali ini Kelompok PPMT memberikan pendampingan kepada Para Guru di SD Negeri Sutopati 1 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan dan mendapat respon positif dari para guru.

Lima mahasiswi UNIMMA yang berasal dari prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Agama Islam (PGAI). Mereka adalah Bella Swastika, Annisa Fauzia, Anggi Puspita Dewi, Rizki Ani Khairunnisa, dan Indah Wahyuningsih.

Tentunya bersama Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd. selaku Dosen Pendamping Lapangan. “Guru, siswa, dan orang tua pasti sudah jenuh dengan pemberian tugas secara manual dan daring. Sekarang kita berusaha membuat media di mana siswa dapat aktif dan menikmati belajar,” tutur Indah Wahyuningsih, salah satu mahasiswa.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan sosialisasi dan pemetaan masalah. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan.

“Pendampingan mulai dari penyusunan materi, pembuatan video singkat, serta mengubahnya ke dalam aplikasi. Metode yang diterapkan dalam pembuatan media ini sangat sederhana dengan mengoptimalkan aplikasi yang ada pada laptop dan ponsel guru,” imbuhnya.

Menurutnya, Media yang dihasilkan pun sangat mudah diakses karena hanya dengan mengirimnya ke ponsel orang tua lewat pesan singkat WhatsApp.

“Para guru sangat antusias mengikuti pelatihan. Kami berharap hasil dari pelatihan ini dapat diaplikasikan secara optimal selama kegiatan mengajar baik secara daring maupun luring,” tambah Mubarokah, S.Pd.I., Kepala SDN Sutopati 1. (adv)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: