PPMT UNIMMA Dampingi UMKM Di Glagahombo Magelang

BNews–MAGELANG-– Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) dengan kegiatan Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) bergerak di tatanan masyarakat membawa perubahan kebaikan di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan PPMT sendiri merupakan rangka mewujudkan cita-cita yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan pengabdian masyarakat itu berasal dari tim PPMT yang terdiri dari dosen dan mahasiswa UNIMMA. Dan terlaksana di Desa Glagahombo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

Diantaranya adalah Rahmat Hidayat, Ardya Budi Himawan, Daryadi Hamdan Hidayat, dan Irvan Eka Firmansyah. Sementara dengan di dampingi oleh Dosen Pembimbing Kelompok yaitu Oesman Raliby Al Manan, ST.,M.Eng.

PPMT kali ini mengangkat tema Ekonomi kreatif berbasis wirausaha & kearifan lokal. Dimana kelompok PPMT ini membantu salah satu UMKM untuk mengembangkan usahanya.

“Agenda kegiatan ini dilakukan berdasarkan latar belakang yang dimiliki UMKM di Desa Glagahombo, Tegalrejo, Magelang yaitu program-program yang dilakukan diharapkan mampu mengembangkan usaha UMKM ini untuk mencakup potensi pasar lebih luas,” kata ketua tim sekaligus dosen pembimbing, Oesman Raliby Al Manan ST., M.Eng, Jumat (30/7).

Tim PPMT melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada pelaku usaha. Antara lain tentang strategi-strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk mengembangkan usaha.

“Dalam kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini, pelaku usaha diberi penjelasan tentang pengertian dan tujuan digital marketing. Disamping itu, mereka juga diajarkan cara penerapan strategi, seperti melakukan promosi dan melakukan pelayanan dengan memanfaatkan media sosial melalui pelatihan dan pendampingan,” jelasnya.

Menurut Oesman, dengan adanya kegiatan pendampingan terhadap UMKM yang ada di Desa Glagahombo selama satu bulan, usaha makanan ringan ini muncul perubahan positif. Mereka sangat terbantu sehingga pelaku usaha mulai berkembang.

“Perkembangan teknologi serta di situasi pandemi Covid-19 membuat para pelaku usaha, terutama UMKM perlu menyadari dan beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru,” ujarnya.

Ia menjelaskan, PPMT merupakan evolusi dari kuliah kerja nyata (KKN) yang dilakukan secara terintegrasi antara dosen dengan mahasiswa. Harapannya dengan kolaborasi ini, kegiatan pengabdian bisa menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

“Dengan diadakannya kegatan ini kami berharap UMKM dapat mengelola usahanya dengan lebih baik, mampu bertahan dan bersaing serta dapat mengembangkan pasar lebih luas. Pada akhirnya mitra mendapatkan penghasilan yang lebih baik,” paparnya.

PPMT tersebut dimulai sejak bulan Mei dan berakhir pada tanggal 15 Juli 2021. Tim PPMT Universitas Muhammadiyah Magelang memberikan pendampingan selama 1 bulan dengan menjalankan protokol kesehatan. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: