Proyek Fisik Tol Jogja-Solo di Klaten Segera Dimulai, Ini Lokasi Awalnya

BNews—KLATEN— Proyek pembangunan fisik jalan tol Yogyakarta-Solo wilayah Klaten tak lama lagi akan dimulai. Rencananya bakal diawali dari wilayah Desa Kuncen, Kecamatan Ceper.

Staf Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) jalan tol Yogyakarta-Solo di Klaten, Christian Nugroho menyebut, proses pengerjaan fisik tol Yogyakarta-Solo di Klaten akan dimulai sekitar dua bulan lagi.

“Untuk waktunya sekitar satu atau dua bulan lagi, nunggu pembebasan lahan di Kuncen. Ini kan sudah dimajukan proses UGR-nya ke LMAN,” jelasnya, Jumat (28/5/2021). Dilansir dari Tribunjogja.com.

Dia menjelaskan, pertimbangan dalam mengawali pengerjaan fisik tol Yogyakarta-Solo di Klaten lantaran di Desa Kuncen bakal menjadi titik exit tol.

“Kebetulan di Kuncen ini kan exit tol ke jalan nasional jadi untuk akses alat berat dan material bisa langsung masuk kesitu dan nanti juga untuk simpang susunnya Kapungan,” urainya.

Lebih lanjut, Christian mengungkapkan, pembebasan lahan di Klaten ditargetkan selesai hingga simpang susun Jogonalan-Prambanan hingga akhir tahun 2021.

“Kalau target pembebasan itu kita ada waktu hingga akhir 2021 ini. Mudah-mudahan berjalan lancar,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Agung Taufik Hidayat menjelaskan, pihaknya telah merampungkan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian di 14 desa yang ada di Klaten.

Pada 14 desa ini, kata Agung, terdapat total 1.125 bidang tanah terdampak tol yang telah dimusyawarahkan. “Atau total sudah 29 persen dari total keseluruhan yang akan kita lakukan musyawarah,” jelasnya.

Ia pun mengaku optimis jika akhir tahun 2021 ini, seluruh tanah terdampak tol Yogyakarta-Solo di Klaten selesai untuk di musyawarahkan. Diketahui, pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten menerjang 50 desa kelurahan yang tersebar di 11 kecamatan.

Adapun total bidang tanah yang terdampak sekitar 4.071 bidang dengan luas sekitar 3.728.114 meter persegi. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: