Rambut Lepek dan Bau? Berikut 6 Cara Mudah Mengatasinya

BNews—TIPS— Masalah rambut lepek dan bau pastinya pernah dirasakan oleh hampir semua kalangan perempuan dan laki-laki. Yap, permasalahan rambut satu ini seringkali merusak penampilan karena rambut yang tidak bervolume dan susah diatur.

Apalagi, saat siang hari dengan cuaca yang cukup terik. Pastinya, kondisi kulit kepalamu akan semakin terasa tidak nyaman dan bisa menurunkan kepercayaan diri.

Namun kamu tidak perlu khawatir, rambut lepek dan bau ternyata masih dapat diatasi dengan beberapa tips perawatan rambut yang bisa mengembalikan keindahan rambutmu lho.

Nah, berikut ini 6 tips mengatasi rambut lepek dan bau. Simak penjelasannya!

Cegah rambut langsung terpapar matahari saat suhu udara panas

Saat beraktivitas di luar ruangan, pastinya kamu akan langsung terkena paparan sinar matahari dan suhu udara yang panas, yang bisa membuat gerah dan rambut lepek.

Untuk itu, kamu bisa melakukan perlindungan pada kulit kepala dan rambut dengan menggunakan penutup kepala agar rambut tidak terpapar langsung dari panas, udara, dan polusi saat harus keluar rumah.

Keringkan rambut dengan benar sebelum mengikat rambut atau menutup kepala

Mungkin masih banyak yang belum sadar bahwa kebiasaan tidak mengeringkan rambut dengan benar juga bisa menyebabkan masalah rambut lepek, bau, hingga rontok lho!

Yap, kebiasaan sepele seperti mengikat rambut hingga menutup kepala saat rambut masih basah nyatanya masih sering dilakukan oleh banyak orang. Oleh sebab itu, untuk mencegah rambut lepek, bau, hingga rontok maka pastikan kamu mengeringkan rambut dengan benar setelah sehabis keramas.

Jangan terlalu sering menyisir rambut

Kebiasaan menyisir rambut terlalu sering ternyata juga bisa menstimulasi meningkatnya produksi minyak di kulit kepala sehingga membuat rambut lepek lho.

Pasalnya, sebum dari kulit kepala juga bisa mengalir ke folikel rambut sehingga dapat membuat kulit kepala semakin berminyak dan batang rambut juga semakin lepek.

Perhatikan cara yang tepat dalam mengaplikasikan kondisioner

Siapa di sini yang masih sering mengaplikasikan kondisioner di bagian dasar kulit kepala? Cara ini mungkin juga masih sering dilakukan oleh banyak orang saat mengaplikasikan kondisioner pada rambutnya.

Padahal, cara yang tepat dalam mengaplikasikan kondisioner adalah dengan mengoleskan kondisioner di bagian pertengahan rambut hingga ke ujung helai rambut secara merata agar tidak membuat kulit kepala menjadi semakin lepek.

Hindari untuk keramas setiap hari

Keramas adalah salah satu cara untuk membuat rambut menjadi lebih bersih yang bisa menghilangkan lepek serta bau pada rambut. Namun, kamu harus menghindari untuk keramas terlalu sering.

Alasannya adalah karena keramas terlalu sering bisa membuat kulit kepala menjadi kering dan memicu timbulnya ketombe. Akibatnya, rambut justru akan semakin lepek dan berminyak karena hal ini.

Padahal, secara alami rambut memiliki kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum yang bisa menutrisi kulit kepala dan membuat rambut tidak kering.

Pilih produk sampo yang tepat sesuai kebutuhan rambutmu

Tips terakhir untuk mengatasi rambut lepek dan bau adalah dengan memilih produk sampo yang tepat dan memang sudah diformulasikan sesuai dengan masalah rambut.

Misalnya rambut berminyak dan berketombe maka pilihlah produk shampo yang memiliki kandungan untuk membantu kamu meminimalisir masalah rambut tersebut. Hindari menggunakan produk yang tidak sesuai agar kondisi masalah rambutmu tidak semakin parah.

Sumber: Popmama.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: