Ratusan Bibit Pohon Ditanam Aisyiyah Magelang Di Kendeng Hill

BNews–Magelang,- Ratusan bibit pohon  ditanam di Kendeng Hill, Desa Kalisalak Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang kemarin (26/12/2020). Hal tersebut dilaksanakan oleh Lembaga Lingkungan Hidup dan Penaggulangan Bencana (LLHPB) ‘Aisyiyah Kabupaten Magelang.

Kegiatan tersebut diketahui dalam rangka memperingati Hari Tanam Pohon Indonesia (HTMI). Dan dalam rangka Bulan Menanam Pohon Nasional serta memeriahkan Milad Muhammadiyah ke – 108.

“Sebanyak 500 bibit yang terdiri dari pohon Albasia, Gayam dan Beringin ditanam di kawasan pegunungan tersebut. Bibit yang ditanam  merupakan bantuan dari Kantor Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah IX,” kata Ketua LLHPB ‘Aisyiyah Kabupaten Magelang Taryati dalam keterangan tertulis (27/12/2020)

Tujuan dari kegiatan tersebut, lanjutnya adalah dalam rangka mendukung kegiatan tanaman konservasi. “Terpenting lagi berpartisipasi dalam memperingati Hari Menanam Pohon dan Bulan Menanam Pohon Nasional tahun 2020. Serta untuk pencegahan terhadap bencana kekeringan, tanah longsor dan banjir,” imbuhnya.

Sebelum tanam pohon dilaksanakan dengan acara senam bersama dilanjut dengan upacara pembukaan. Lalu  penyerahan bibit tanaman oleh Kepala Cabang  Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Tengah Wilayah IX.

“Saat itu berikan oleh Slamet Rohadi kepada Masykur selaku perwakilan dari Organisasi Pengurangan Resiko Bencana (OPRB) Katana Desa Kalisalak,” ujarnya.

Dalam sambutannya Slamet Rohadi mengajak generasi muda untuk menanan pohon sebagai upaya menjaga kelestarian alam.

“Pemerintah dalam hal ini Dinas Kehutanan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tanam pohon ini. Hal ini guna meningkatkan destinasi wisata Kendeng Hill yang mama wilayah Kecamatan Salaman ini berdekatan dengan obyek wisata Candi Borobudur,” katanya.

DIa juga  menambahkan bahwa setiap bibit yang sudah ditanam harus mampu dipelihara dengan baik. Kerjasama dari semua pihak khususnya yang terlibat dalam kegiatan tanam pohon ini dan juga masyarakat desa setempat sangat diharapkan.

“Hal ini dalam rangka memelihara kelestarian alam dalam bentuk menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: