Ratusan Kendaraan Dinas Dijual Oleh Oknum Pejabat di Pemkab Magelang

BNews—MUNGKID— Kejaksaan negeri (Kejari) Kabupaten Magelang masih terus mengembangkan kasus korupsi aset Pemkab Magelang. Sejauh ini satu tersangka telah ditetapkan berinisial Gh, 54, seorang PNS.

Dalam kasus ini, kepala Kejari Kabupaten Magelang Rivo CH M Medellu tersangka dinilai melakukan penyalaggunaan wewenang sebagai pejabat aset di Pemkab Magelang. Dia justru menjual ratusan kendaraan tanpa melalui prosedur yang ada.

Menurutnya, tersangka menjual aset-aset milik Pemkab Magelang tak sesuai dengan prosedur sejak tahun 2017 hingga 2019. Hasil penjualannya juga tidak dilaporkan sesuai ketentuan.

“Jadi kalau mau total, dari data kita dapatkan dari DPPKAD, terkait aset yang hilang semua itu, dari motor, mobil, peralatan kantor, ada 103.000 item,” sambungnya.

Rivo mengungkapkan, aset yang dijual tersangka adalah mobil dan sepeda motor dinas yang berjumlah sekitar 100 unit. Aset yang dijual ini dalam penguasaan tersangka maupun yang berada di gudang atau di SKPD.

“Jadi ada aset-aset pemda kebetulan ada di penguasaan yang bersangkutan, ada penguasaan di gudang, ada juga di SKPD. Yang diambil yang bersangkutan langsung atau dengan menggunakan orang suruhan. Kalau dari keseluruhan itu, baik dari kendaraan, kemudian aset-aset yang lain, termasuk bongkaran bangunan, yang sampai dengan akhir penyidikan kita itu, yang baru kita bisa temukan itu empat unit mobil dari ada sekitar 100-an lebih kendaraan,” ujarnya.

tu, Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Magelang, Oki Bogitama menambahkan, sepeda motor dinas yang dijual tersangka sekitar 80 unit. Sisanya adalah kendaraan roda tiga, empat, dan bus.

Loading...

“Penghapusannya harus sesuai prosedur, tetapi oleh tersangka ini tanpa prosedur langsung dijual begitu saja. Memang rata-rata dijual ke rongsok. Dirajang,” ujarnya. (bsn/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: