Biar Makin Produktif, Ini 5 Tips Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

BNews—TIPS— Kini media sosial bukan hanya alat untuk berkomunikasi, namun juga bisa digunakan dalam pembelajaran hingga bisnis. Media sosial bisa mendatangkan manfaat namun juga dapat memberikan keburukan.

Karenanya, berikut ini beberapa tips untuk menggunakan media sosial dengan lebih produktif.

1. Mencari akun yang dapat mengupgrade dirimu

Dalam media sosial terdapat berbagai jenis akun, ada akun yang membahas tentang dunia kerja, self development, dan berbagai life skill. Kita dapat menggunakan media sosial dengan memfollow kemudian mempelajari banyak hal dari akun-akun yang sekiranya bermanfaat bagi diri kita.

2. Belajar dari akun self development

Dalam media sosial terdapat banyak macam akun, diantaranya adalah akun yang berkaitan dengan self development. Dengan mengikuti akun dan belajar dari self development, kita dapat belajar bagaimana caranya mempunyai kepribadian yang lebih baik lagi. Kita juga dapat menyadari kesalahan-kesalahan dalam diri kita yang membuat hidup kita menjadi kurang cukup menyenangkan.

3. Mempelajari skill baru

Di media sosial juga terdapat banyak macam akun yang membahas tentang life skill di kehidupan sehari-hari. Baik life skill tersebut berguna di dunia kerja nantinya atau hanya life skill yang berbentuk hobi seperti menulis buku dan membuat podcast.

Life skill ini dapat kita pelajari secara otodidak melalui media sosial dengan catatan bahwa kita akan melakukan latihan rutin untuk menambah skill baru di kehidupan kita.

4. Unfollow akun yang tidak bermanfaat

Sosial media juga memiliki dampak buruk bagi kehidupan, jika kita menggunakannya dengan kurang baik. Mengunfollow akun-akun yang tidak bermanfaat adalah salah satu upaya kita untuk menghindari dampak buruk dari media sosial. Sehingga kita hanya menggunakan media sosial untuk hal-hal yang bermanfaat.

5. Berbagi konten yang bermanfaat

Ketika kita sedang menggunakan media sosial kemudian menemukan sebuah konten yang bermanfaat, tidak ada salahnya membagikan konten tersebut kepada orang lain. Dengan membagikan konten tersebut kepada orang lain sama saja kita telah membagikan manfaat kepada orang lain juga.

Selain itu kita juga dapat membangun relasi dengan orang lain melalui konten yang kita bagikan. Hal yang harus diingat adalah sebelum kita membagikan sebuah konten, kita harus mencermati terlebih dahulu apakah konten tersebut tepat, bukan hoax dan dapat bermanfaat bagi orang lain. (*)

Sumber: yoursay.id

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: