Ratusan Orang Membatik diatas Kain Sepanjang 30 meter

BNews-MERTOYUDAN– Dalam rangka hari batik nasional Artos mall berkerja sama dengan seniman dari sanggar Magelang Art Porphyry (MAP) mengadakan acara membatik bersama di Atrium Artos Mall hari ini (2/10). Acara ini mengangkat tema Sekaring Tlatah Tidar dengan membatik bersama di kain sepanjang 30 meter diikuti ratusan peserta umum dan pelajar.

 

Salah satu seniman art Kaji Habib dari sanggar MAP menjelaskan makna tema acara ini adalah Bunga di Bumi Tidar. ”Dimana wilayah Magelang sendiri kaya akan kebudayaan, tradisi, peradaban dan lain sebagainya yang dituangkan dalam seni membatik ini,” katanya.

“ Tujuan acara ini selain dalam rangka Hari Batik Nasional juga ingin menggairahkan batik di Indonesia dan menunjukan bahwa membatik itu asyik bisa membuat kita cerdas dan mempersatukan kita semua dalam segala perbedaan,” imbuhnya.

Generasi muda jaman sekarang juga tidak sungkan untuk menggunakan pakaian dengan motif batik. ”Mungkin mereka menggunakan batik yang motif kekinian dan dimilinealkan sehingga kaum muda tidak sungkan ataupun gengsi untuk memakainya,” paparnya.

Acara dibuka dengan sebuah tarian Wastra Batik dimana tarian ini menceritakan kisah dalam proses membatik. Sedangkan seniman MAP memperagakan seni art di pakaian mereka secara kolosal.

Dengan dihibur oleh musik keroncong para pengunjung pusat perbelanjaan ini mencoba untuk membatik bersama. Tidak ketinggalan pelajar Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah ikut menghiasi kain putih sepanjang 30 meter ini.

Santi, 40 salah satu pengunjung Artos Mall menjelaskan bahwa ini baru pertama kalinya ia memegang alat membatik ini. “Saya baru pertama kali memegang canting batik dan mempraktekkannya diatas kain dan ternyata asyik juga tidak begitu susah,” ungkapnya saat sambil menggoreskan canting berisi lilis yang dipanaskan.

Marketing Komunikasi Artos Mall Didian menerangkan bahwa acara Hari Batik Nasional kali ini dibuat berbeda dari tahun tahun sebelumnya.”Tahun sebelumnya kita adakan acara tari bersama dengan busana batik dan tahun ini kita adakan membatik bersama untuk tahun depannya akan ada kejutan lain lagi,” pungkasnya. (bsn)

 

KLIK :

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: