Ratusan Pengusaha Tambang Ajukan Ijin Pasir Untuk Dukung Proyek Tol Magelang

BNews–JATENG– Banyak investor pengusaha tambang tanam modal di Jawa Tengah selama kurun waktu tahun 2019 kemarin. Hal tersebut terlihat dari data izin tambang produksi sebanyak 363 tercatat dan diproses Dinas ESDM Jawa Tenga.

Hal tersebut dimungkinkan para pengusaha tambang ini tertarik dengan adanya dua proyek jalan tol di Demak dan Magelang. Sehingga mereka ramai-ramai mengurus ijin porduksi tambang di Jawa Tengah.

Kabid Energi Mineral dan Batubara  Dinas ESDM Jateng, Agus Sugi mengatakan maraknya proyek pembangunan jalan tol jadi magnet tersendiri bagi pengusaha tambang untuk berinvestasi di wilayahnya. Ia menyebut bahwa proyek jalan tol yang jadi incaran yaitu pembangunan Jalan Tol Demak dan Jalan Tol Magelang.

“Jateng itu kan sedang digenjot pembangunnya, dari situlah izin tambang semakin banyak. Lagian juga pembangunan jalan tol kayak di ruas Magelang dan Jateng butuh bahan konstruksi bangunan yang mayoritas dari hasil tambang,” ujarnya awal Januari 2020 lalu.

Dari alasan tersebutlah, Izin tambang naik drastis pada tahun 2019 lalu. “Izin tambang produksi di Jateng selama ini terus meningkat. Di tahun 2019 saja terdapat 363 izin tambang yang diajukan oleh para pengusaha,” imbuhnya.

Jumlah ini mengalami peningkatan signifikan ketimbang tahun-tahun sebelumnya yang masih sekitar 193 izin tambang pada 2018, lalu 167 izin pada 2017 dan 153 izin pada 2016. Untuk wilayah Jateng, aktivitas pertambangan yang kerap dilakukan yaitu tambang galian gamping, tanah uruk serta batu andesit.

“Yang kita temukan di lapangan ya tambang-tambang untuk bebatuan gamping, tanah urug dan andesit. Biasanya bahan tersebut dipakai untuk material pembangunan infrastruktur,” terangnya

Meski begitu, sejauh ini ia mewanti-wanti kepada setiap penambang untuk memperbaiki dampak proyek di lapangan. Dengan harapan ekosistem di sekitarnya tetap terjaga dengan baik. Salah satunya agar tidak ada alih fungsi lahan.

“Saya tekankan bekas tambangnya harus diperbaiki. Terutama bisa dilakukan direklamasi,” pungkasnya. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: