Razia Surat Sehat Bebas Covid-19 di Perbatasan Jogja-Jateng Dimulai Hari Ini

BNews—JOGJAKARTA— Pemerintah Daerah Istimewa Jogjakarta (Pemda DIJ) mulai melakukan pemeriksaan surat keterangan bebas Covid-19 di perbatasan dengan Jawa Tengah menjelang libur Imlek, hari ini (11/2). Pemeriksaan ini dilakukan secara acak dan yang tidak mengantongi surat tersebut harus putar balik.

”Selama libur itu diselenggarakan tetapi, ya, itu tadi tidak terus menerus. Mulainya Kamis sore karena libur (Imlek) Jumat. Rencananya (screening di perbatasan berlangsung) empat hari,” tutur Sekda DIJ Kadarmanta Baskara Aji di Kompleks Kantor Gubernur DIJ, Kemantren Danurejan, Kota Jogyakarta, Rabu (10/2).

Pemeriksaan tersebut akan berlangsung di tiga titik perbatasan. Yakni Kabupaten Kulon Progo, Kapanewon Tempel Kabupaten Sleman dan Kapanewon Prambanan Kabupaten Sleman.

”Screening itu akan dilakukan secara acak, karena tidak mungkin terus menerus yang melaksanakan dua pihak Jateng dan DIJ,” ucapnya.

Aji mengaku Pemda DIJ telah berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Tengah untuk melakukan screening tersebut. Hal itu untuk mengurangi kemungkinan double check.

”Sebetulnya paling efektif DIJ screening orang yang akan keluar (DIJ). Jateng, ya, screening yang mau keluar dari Jateng supaya tidak nyegati (mencegat) orang yang sudah perjalanan jauh,” ujarnya.

Aji mengatakan tak ada fasilitas tes antigen di lokasi pemeriksaan untuk pengendara yang akan masuk wilayah Jogjakarta. ”Kan sudah kita umumkan menjadi kewajiban orang melakukan tes sejak dari awal dari rumah sehingga kita tidak menyediakan tempat tes atau petugas tes di cek poin-poin itu. Dan kalau mereka tidak membawa (surat hasil rapid antigen), ya, balik saja,” imbaunya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: