Saresehan Pemuda Magelang : Jangan Gaptek Teknologi

BNews—MUNGKID— Sarasehan Pemuda digelar Pemkab Magelang di Ruang Cemerlang Setda Magelang hari ini (17/10). Bertema Menuju Pemuda Yang Bekarakter, diharapkan pemuda lebih jeli dalam perkembangan teknologi.

“Perkembangan teknologi informasi sekarang ini ibarat pisau bermata dua. Satu sisi bisa memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para generasi muda meningkatkan kapasitas pengetahuan dan skill,” ungkap Wakil Bupati Edi Cahyana dalam sambutannya.

Advertisements


Acara yang digelar melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) ini diikuti oleh perwakilan berbagai unsur pemuda. Mereka antara lain Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Gerakan Pramuka, Organisasi Kepemudaan, Ormas, Organisasi Keagamaan, Karang Taruna, Paguyuban Duta Wisata, dan pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI).


Edi juga menegaskan, meskipun demikiandi sisi lain juga bisa membawa dampak yang negative.Akhir-akhir ini juga sering muncul kasus-kasus kekerasan dan pembunuhan yang melibatkan anak-anak muda, yang ternyata bermula dari interaksi di sosial media.

“Interaksi tersebut berjalan dangat real time 24 jam. Sehingga bukan persoalan yang mudah bagi orang tua, guru, bahkan lembaga pendidikan termasuk negara untuk bisa mengantisipasi atau melakukan kontroling,” tegasnya.

“Melalui gerakan Revolusi Mental dan pembinaan karakter, kami berharap para remaja dan pemuda memiliki kemandiriam untuk melangkah lebih bijak,” harapnya.

Sementara, Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, menambahkan acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan. “Semua itu terkait tentang nilai-nilai luhur dan sejarah budaya bangsa Indonesia, khususnya dalam menyaring informasi yang bersifat distruktif,” tambahnya.

Iwan mencotohkan seperti pornografi, narkoba, pergaulan bebas, radikalisme, bahkan terorisme yang bisa berdampak buruk bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Oleh sebab itu pemuda harus jeli dalam memfilter perkembangan teknologi pada saat ini maupun kedepan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: