Satu Keluarga Dinyatakan Positif Corona Usai Belanja di Indogrosir Sleman

BNews—SLEMAN— Indogrosir Sleman benar benar menjadi kluster baru penyebaran virus Corona (Covid-19). Satu keluarga yang disebut memiliki riwayat belanja di pusat grosir itu dinyatakan positif Covid-19.

Satu keluarga tersebut berasal dari Kabupten Gunungkidul Yogyakarta. Total sudah ada empat orang yang positif corona dari klaster grosir Sleman.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan, Rabu (13/5/2020) ada penambahan 3 orang pasien positif dari Kecamatan Semanu. Adapun pasien terdiri dari laki-laki berusia 7 dan 56 tahun serta perempuan berusia 29 tahun.

“Mereka satu keluarga, hari ini kita mendapat 3 baru dari Indogrosir (grosir Sleman) kemarin 1 orang dari kecamatan Panggang,” kata Dewi, kemarin.

Total pasien positif sebanyak 28 orang, pasien sembuh 12 orang, dan kasus positif dalam perawatan 16 orang. Jumlah orang tanpa gejala (OTG) yang masih dirawat karena rapid test reaktif sebanyak 88 orang.


PDP masih dalam perawatan sebanyak 6 orang, dan meninggal dunia 20 orang. “Empat ini menambah jalan panjang untuk tracing,” kata Dewi.


Dewi menambahkan, Pemkab Gunungkidul sedang melakukan pemeriksaan massal dengan metode rapid test yang berlangsung mulai Selasa (12/5/2020) hingga Sabtu (16/5/2020) mendatang.


Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang, Irwan Tri Wibowo mengatakan, satu orang warganya positif Covid-19 dari klaster pusat grosir Sleman.


Pasien tersebut merupakan istri dari salah seorang pegawai. Suaminya memiliki hasil reaktif saat rapid test namun negatif swab.
Dijelaskan, pasien positif tersebut sebelumnya menjalani rapid test dan hasilnya reaktif.
Pasien positif itu sempat berjualan makanan kecil. Puluhan anak-anak pun menjalani rapid test karena memang ketika ia membuka warung, banyak anak yang membeli di tempatnya.


Untuk itu, Irwan menyarakan warga yang melakukan rapid test juga diwajibkan untuk isolasi mandiri.

Untuk makanan, saat ini warga yang isolasi diri dibantu dari pemerintah desa. Tak sedikit pula warga maupun yang memberikan sumbangan. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: