Sederet Aktivitas yang Efektif Meningkatkan Kebersihan Gigi dan Mulut

BNews—TIPS— Kebersihan gigi dan mulut sangat penting untuk dijaga. Hal ini untuk mencegah berbagai penyakit dan masalah serius yang bisa terjadi pada gigi dan rongga mulut.

Sayangnya, menyikat gigi secara teratur saja tidak cukup. Ada upaya ekstra lainnya yang juga perlu dilakukan agar gigi dan mulut senantiasa bersih dan sehat.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut:

1. Jangan Tidur Tanpa Gosok Gigi

Untuk menjaga kebersihan gigi, penting untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Namun, banyak yang mungkin masih mengabaikan pentingnya menyikat gigi di malam hari.

Menyikat gigi di malam hari, atau sebelum tidur, dapat menghilangkan kuman dan plak yang menumpuk sepanjang hari. Ini akan mencegah terbentuknya karang gigi, lubang pada gigi, dan masalah lainnya.

2. Sikat Gigi dengan Benar

Cara kamu menyikat gigi sama pentingnya dengan menyikat gigi secara teratur. Luangkan waktu untuk menggerakkan sikat gigi dengan gerakan melingkar yang lembut untuk menghilangkan plak. Plak yang tidak dibersihkan dapat mengeras, menyebabkan penumpukan kalkulus dan gingivitis.

3. Bersihkan Lidah

Plak juga bisa menumpuk di lidah. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut lainnya. Untuk meningkatkan kebersihan gigi dan mulut, skatlah lidah dengan lembut setiap kali menyikat gigi.

4. Jangan Lupa Flossing

Menyikat gigi secara teratur bisa jadi tidak cukup untuk kebersihan gigi dan mulut. Kamu juga perlu menggunakan benang gigi atau flossing. Ini bukan hanya untuk mendapatkan potongan kecil makanan yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi, tapi juga bisa merangsang gusi, mengurangi plak, dan membantu menurunkan peradangan di daerah tersebut.

5. Pakai Obat Kumur

Obat kumur dapat mengurangi jumlah asam di mulut, membersihkan area yang sulit disikat di dalam dan sekitar gusi, dan mengembalikan mineralisasi gigi.

6. Minum Lebih Banyak Air

Air putih adalah minuman terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan. Tak terkecuali kesehatan gigi dan mulut. Jangan lupa untuk minum air yang cukup setiap harinya, terutama setelah makan. Ini dapat membantu menghilangkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang lengket dan asam di gigi.

7. Batasi Konsumsi Makanan Manis dan Asam

Gula dapat berubah menjadi asam di mulut, yang kemudian dapat mengikis email gigi. Asam inilah yang menyebabkan gigi jadi berlubang. Buah-buahan asam, teh, dan kopi juga dapat mengikis email gigi. Meskipun kamu tidak harus menghindari makanan ini sama sekali, tidak ada salahnya untuk berhati-hati dan membatasi konsumsinya.

8. Rutin ke Dokter Gigi

Meski sudah menjaga kebersihan gigi dan mulut di rumah, tetap penting untuk mengunjungi dokter gigi secara rutin. Minimal dua kali setahun, untuk pembersihan dan pemeriksaan kondisi gigi dan mulut.

Dokter gigi tidak hanya dapat menghilangkan kalkulus dan mendeteksi gigi berlubang, tetapi juga dapat menemukan masalah potensial dan menawarkan solusi perawatan. (*)

Sumber: halodoc.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!