Sejumlah Dusun di Magelang Lockdown

BNews–MUNGKID– Sejumlah Dusun di Kabupaten Magelang melakukan lockdown secara mandiri. Mereka mengisolasi kawasannya secara mandiri untuk melindungi diri penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Dari pantauan borobudurnews.com di lapangan, tampak beberapa dusun menutup akses jalan masuk ke kampungnya. Hal tersebut dilakukan oleh pemuda maupun warga kampung itu sendiir.

Beberapa Dusun tersebut antara lain Dusun Kwilet Desa Ketunggeng Kecamatan Dukun, Dusun Banjengan Desa Banyudono Kecamatan Dukun, Dusun Jumoyo Kidul Desa Jumoyo Kecamatan Salam. Ada juga di Dusun Jogropanan Desa Jogonegoro Kecamatan Mertoyudan dan Dusun Bojong Wetan Desa Bojong Kecamatan Mungkid.

Mereka menutup jalur utama masuk ke kampung mereka. Namun ada satu jalan alternatif yang mereka buka dan dijaga secara bergantian oleh pemuda dan warganya.

Di dusun dusun tersebut memberlakukan akses satu pintu untuk keluar masuk. Lockdown tersebut menjadi inisiatif warga untuk menghentikan potensi penyebaran virus korona covid-19. Bagi siapa saja yang akan masuk harus melalui pendataan, khususnya pemudik dari luar daerah.

Warga juga ingin memastikan kondisi warga bisa dipastikan keamanan dan kesehatannya. Ada juga setiap keluar masuk harus disterilsasikan menggunaka semprotan desinfektan, serta cuci tangan.

Perlu diketahui lockdown sendiri artinya adalah sebuah protocol darurat untuk mencegah warga keluar dan masuk sebuah area. Kebijakan ini berlaku dalam kondisi wabah yang berisiko menciptakan korban jiwa jika terdapat pergerakan keluar atau masuk ke area tertentu.

Dalam kondisi lockdown, warga hanya boleh keluar rumah atau area untuk melakukan kegiatan yang sangat penting, seperti berobat, membeli makanan dan ke bank. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: