Sejumlah Sekolah Terdampak Tol, Begini Salah Satu Opsi Dari Pemkab Sleman

BNews—SLEMAN—Sebanyak delapan sekolah di Kabupaten Sleman terkena dampak pembangunan Tol Jogja-Solo. Tersebar di lima kecamatan yakni Tamanmartani ada 1 bidang, Condongcatur 1 bidang, Caturtunggal 3 bidang, Sinduadi 2 bidang, serta Tlogoadi 1 bidang.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan hingga kini pihaknya belum mendapatkan informasi pasti mengenai sekolah mana saja yang terdampak tol. Kendati demikian, bila nantinya ada sekolah khususnya Sekolah Dasar (SD) yang terdampak tol, kebijakan regrouping bisa juga diambil.

Diketahui regrouping adalah penggabungan sekolah. ”Belum kita identifikasi satu-satu, masih kita akan tunggu. Saya kira tidak banyak untuk sekolah-sekolah, kalau SD kena kan bisa regrouping. Itu sudah biasa terjadi, itu tidak masalah,”katanya, beberapa waktu lalu (19/8/2020). Dikutip dari IDN Times.

Bila sekolah yang terdampak tol tersebut memang SD, Sri menyebut, pihaknya akan mencoba mencarikan SD lain yang memiliki gedung yang belum terisi. Selain itu juga akan diusahakan jarak antar sekolah yang regrouping tidak terlalu jauh.

”Kalau ada bangunan gedung SD yang mereka kena terdampak akan kita carikan kemungkinan yang belum diisi. Di sekolah terdekat, siswanya tidak membelah antara sisi Selatan dan Utara. Nanti akan kita perhitungkan,” terangnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Solo Totok Wijayanto membenarkan ada beberapa sekolah di Kabupaten Sleman yang terdampak tol. Berkaitan hal itu, pihaknya mengaku akan mengganti sekolah yang terdampak dengan sekolah baru di tempat lain.

”Jadi prinsip kami kalau ada sekolahan, atau fasilitas umum, fasilitas sosial, kami bangunkan terlebih dahulu supaya anak-anak bisa sekolah. Baru nanti setelah itu kita bongkar,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: