Seluruh Penerbangan di Jogja Pindah ke YIA Kulon Progo

BNews–JOGJA- Penerbangan di Bandara Adi Sutjipto akan dipindahkan keseluruhan ke Yogyakarta International Airport (YIA) akhir Maret 2020 mendatang. Hal ini tampang dari pihak Angkasa Pura 1 mempersiapkan semua hal terkait hal itu.

General Manager Angkasa Pura 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengungkapkan pemindahan aktivitas pelayanan dimaksudkan untuk mengoptimalkan peran YIA. Dimana nantinya YIA sebagai pintu masuk untuk kawasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan.

“Direncanakan mulai tanggal 29 Maret 2020 aktivitas penerbangan pindak ke YIA semua dari Adi Sutjipto,” katanya.

Dijelaskannya juga, bahwa optimalisasi YIA akan meningkatkan jumlah pelancong yang ingin ke Yogyakarta atau destinasi di sekitarnya. “Apalagi di dalam bandara yang baru, dari sisi luas, kapasitas, maupun fasilitasnya melebihi bandara sebelumnya,” imbuhnya.

Perlu diketahui, YIA memiliki terminal seluas 219.000 m2 yang mampu menampung 20 juta penumpang dan runway seluas 3.250 x 45 m2. Selain itu YIA juga didukung oleh akses kendaraan baik bus maupun kereta api yang memudahkan para penumpang.

DPD PKS Magelang Ramadhan

“Kami melihat bahwa YIA ini bisa mendorong aksestabilitas orang yang mau ke tempat-tempat wisata misalnya Borobudur. Ini bisa dijangkau langsung dari YIA,” jelasnya.

Data AP 1 Yogyakarta mengungkapkan bahwa pembangunan YIA telah memiliki multiplier effect bagi kawasan Yogyakarta khususnya Kulon Progo. Keberadaan bandara itu telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di bagian DIY paling barat tersebut.

Selain itu, proyek pembangunan YIA juga berhasil menurunkan tingkat pengangguran di Kulon Progo dari 3,7% pada 2015 menjadi 1,4% pada 2018. Hal itu merupakan paling tinggi ke posisi terendah se-DIY. (*bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: