Seluruh Wisata Air di Jateng Belum Boleh Buka, Ini Penjelasan Kadisporapar

BNews–MAGELANG– Ratusan tempat wisata di Jawa Tengah sudah mulai buka di tengah Pandemi Covid-19. Namun untuk wisata air belum direkomendasikan untuk beroperasi terlebih dahulu saat ini.

“Terutama yang belum kita rekomendasi adalah wisata air. Wisata air sampai sekarang ini nggak boleh,” ungkap Kepala Disporapar Sinoeng Noegroho Rachmadi saat berkunjung ke Magelang (29/9/2020).

Ia juga menyampaikan, misal ada yang protes ‘Lho itu nekat buka, berarti tidak rekomendasi’. “Artinya kalau nanti ada pandemi, ada klaster baru, pengelola atau yang memberikan izin buka, dia yang bertanggungjawab,” imbuhnya.

Sinung menegaskan, untuk destinasi wisata air sampai saat ini belum memberikan izin untuk buka. Wisata air yang belum diberikan izin buka kembali pada masa pandemi seperti kolam renang, waterboom, rafting, air terjun, dan lain sebagainya.

“Belum dibukanya wisata air tersebut bukan menurut saya saja lho. Ini berdasarkan pendapat ahli, pakar dan Gugus Tugas COVID-19,” tegasnya.

Wisata air, katanya, pendapat para ahli, pendapat pakar atau orang-orang yang ahli dalam bidang virus mampu menyebarkan dengan mudah berbagai jenis virus. Dalam kondisi tertentu, memang air bisa diberikan zat klorin untuk mencegah adanya virus itu, namun hanya mampu atau umurnya dua jam.

“Hal iini karena dalam kondisi tertentu air, air diberikan zat klorin untuk mencegah adanya media virus itu hanya umurnya dua jam,” kata Sinung.

Loading...

Setelah dua jam harus dikasih klorin lagi., lanjutnya ‘Pertanyaan saya, apakah pengelola air setiap dua jam akan memberikan klorin.  “Apakah kemudian pengelola air menghalo-halo kepada para pengguna wisata air untuk mentas, pertanyaannya begitu’. Kemudian, yang kedua, siapa yang menjamin, orang yang ciblon, kemudian tidak mengeluarkan dahak. Itu semakin akan diperparah,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: