SIMAK !! 7 Kebiasaan Sehat Saat Bangun Tidur Pagi Hari

BNews-KESEHATAN– Kebiasaan sehat saat bangun tidur yang kamu lakukan tentunya akan memberikan dampak baik dan membuat kamu semakin semangat menjalankan aktivitas. Apabila kamu sudah bangun tidur dengan semangat, aktivitas yang kamu lakukan akan lebih kamu nikmati walaupun terkadang terasa berat.

Manfaat kebiasaan sehat saat bangun tidur bisa kamu rasakan ketika kamu menerapkan kebiasaan tersebut secara rutin. Walaupun sulit untuk menerapkan kebiasaan tersebut, kamu akan terbiasa jika kamu terus melakukannya, seperti yang dikatakan oleh pepatah.

Berikut ini adalah daftar kebiasaan sehat saat bangun tidur yang akan membuatmu semakin semangat, seperti yang dilansir dari berbagai sumber oleh Borobudurnews.com.

Kebiasaan Sehat saat Bangun Tidur

  1. Buang Air

Salah satu kebiasaan sehat saat bangun tidur yang baik untuk kamu terapkan adalah berkemih atau buang air. Kebiasaan ini tentunya sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Ternyata kebiasaan tersebut adalah kebiasaan yang baik saat bangun tidur.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Setelah tidur selama 7-8 jam, tubuh kamu akan mengeluarkan sisa-sisa metabolisme atau pencernaan. Oleh karena itu, segera buang sisa-sisa tersebut dengan berkemih atau buang air adalah kebiasaan yang baik. Hal ini akan membuat tubuhmu berada pada kondisi yang seimbang dan optimal, karena sisa-sisa tubuh sudah dibuang dan metabolisme serta pencernaan tubuh tidak akan terbebani saat memulai hari.

Menahan sisa-sisa dalam tubuh terlalu lama juga bukanlah kebiasaan yang baik, karena sisa-sisa tersebut akan menumpuk lebih lama dan dapat mempengaruhi fungsi metabolisme dan pencernaan tubuh.

  1. Minum Air Putih

Kebiasaan sehat saat bangun tidur yang bisa kamu lakukan adalah minum air putih. Kebiasaan ini sering terlupakan ketika kamu baru bangun tidur. Padahal, kebiasaan ini sangat baik untuk kesehatan kamu.

Setelah tidur selama 7-8 jam dan berkemih atau buang air, tubuh kamu membutuhkan cairan karena rentan mengalami dehidrasi. Air putih adalah minuman yang dapat menghidrasi tubuh dengan cepat, sehingga sesuai dengan kebutuhan tubuh saat baru bangun tidur. Hindari memilih air putih yang dingin, karena dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat tubuh menjadi lemas.

  1. Mengonsumsi Camilan Sehat dan Netral

Mengonsumsi camilan atau minuman sehat dan netral adalah salah satu kebiasaan sehat saat bangun tidur yang sebaiknya kamu mulai terapkan. Ketika baru bangun tidur, kamu tentunya membutuhkan energi karena perutmu kosong.

Rasa lapar saat baru bangun tidur adalah hal yang normal, karena pencernaan sedang kosong. Membiasakan tubuhmu untuk mengonsumsi camilan atau minuman yang sangat sehat dan netral, tidak terlalu asam, pedas, atau tidak mempengaruhi pencernaan adalah kebiasaan yang baik.

Kamu bisa tetap mengonsumsi camilan untuk memenuhi kebutuhan gizi awal hari tanpa mengganggu pencernaanmu. Beberapa camilan atau minuman yang bisa kamu pilih di pagi hari antara lain biskuit gandum, kacang-kacangan, buah yang tidak terlalu asam, sayuran yang tidak menyebabkan kembung, serta minuman berbahan dasar rempah atau jus buah.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  1. Menimbang Berat Badan

Kebiasaan sehat saat bangun tidur berikutnya adalah menimbang berat badan. Kebiasaan baik ini dapat kamu terapkan setiap kali kamu bangun tidur. Banyak panduan kesehatan dan gizi menyarankan bahwa waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah setelah bangun tidur, terutama setelah berkemih atau buang air.

Pada kondisi ini, yaitu kondisi saat baru bangun tidur, tubuhmu masih dalam kondisi aktif pertama kali, sehingga tubuh masih dalam keadaan netral dan belum banyak dipengaruhi oleh asupan makanan atau aktivitas fisik. Hal ini sama seperti saat mengukur kondisi fisik lain, misalnya tekanan darah atau gula darah, terutama gula darah saat puasa.

  1. Peregangan dan Senam Wajah

Kebiasaan sehat saat bangun tidur berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah peregangan tubuh dan senam wajah. Kedua hal ini mudah untuk kamu lakukan ketika baru bangun tidur. Melakukan peregangan adalah cara yang tepat untuk menyambut pagi. Kamu dapat melakukannya di tempat tidurmu. Tekukkan leher ke depan, ke belakang, dan ke samping kiri dan kanan. Kemudian, coba tarik tanganmu ke atas, ke samping, dan ke depan. Lanjutkan dengan melakukan peregangan pada tubuh dan kaki. Lebih baik lagi jika dilakukan sambil berdiri, karena cara ini akan membuat otot tubuhmu lebih siap untuk melakukan aktivitas lainnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Salah satu cara agar wajah tetap terlihat awet muda adalah dengan melakukan gerakan-gerakan senam wajah. Senam wajah dapat membantu melatih kekuatan otot-otot wajah agar tetap kencang. Kamu bisa mencobanya dengan gerakan alis mata, gerakan bibir, menggerakkan bola mata, atau dengan menarik kulit pipi ke atas dan ke bawah. Lakukan senam wajah ini secara rutin setiap kali kamu bangun tidur.

  1. Berjemur Secara Teratur

Kebiasaan sehat saat bangun tidur berikutnya adalah berjemur secara teratur. Sinar matahari diperlukan agar tubuh kita bisa memproduksi vitamin D. Vitamin D berguna untuk kesehatan kulit dan mencegah kulit keriput, sehingga membuat terlihat awet muda. Kamu bisa meluangkan waktu sekitar 10-20 menit untuk berjemur.

  1. Jalan Pagi

Jalan pagi adalah kebiasaan sehat saat bangun tidur berikutnya yang bisa kamu lakukan. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jalan pagi ini. Jalan pagi dapat menjadi alternatif jika kamu malas atau tidak sempat jogging atau berlari pagi.

Kamu dapat mencicipi udara segar di pagi hari. Memberikan asupan oksigen yang cukup agar otak bekerja secara optimal sepanjang hari. Selain itu, jalan pagi juga membantu mengeluarkan zat sisa, membuat pikiran menjadi lebih rileks, dan menyegarkan tubuh karena telah melatih otot jantung di pagi hari. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: