Simak! Begini Cara Sederhana Menghilangkan Stres

BNews—TIPS— Stres sebenarnya adalah kondisi yang normal, namun bila tak kunjung diatasi bisa berpotensi mengganggu kesehatan baik mental maupun fisik. Stres merupakan reaksi psikologis ketika menghadapi tekanan.

Penyebabnya beragam, bisa karena tuntutan pekerjaan, studi, percintaan, kurang tidur dan lain sebagainya. Bahkan saat aktivitas tak begitu padat pun, stres bisa saja menyerang terlebih jika kondisi emosional tak stabil.

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa sederhana untuk menghilangkan stres:

Latihan

Olahraga adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memerangi stres. Ini mungkin tampak kontradiktif, tetapi memberi tekanan fisik pada tubuh Anda melalui olahraga dapat meredakan stres mental.

Manfaatnya paling kuat bila Anda berolahraga secara teratur. Orang yang berolahraga secara teratur cenderung mengalami kecemasan dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Kurangi asupan kafein

Kafein adalah stimulan yang ditemukan dalam kopi, teh, coklat, dan minuman energi. Dosis tinggi dapat meningkatkan kecemasan.

Orang memiliki ambang batas yang berbeda untuk seberapa banyak kafein yang dapat mereka toleransi. Jika Anda menyadari bahwa kafein membuat Anda gelisah atau cemas, pertimbangkan untuk menguranginya.

Meskipun banyak penelitian menunjukkan bahwa kopi bisa menyehatkan dalam jumlah sedang, ini tidak untuk semua orang. Secara umum, lima cangkir atau kurang per hari dianggap jumlah yang moderat.

Kunyah permen karet

Untuk pereda stres yang sangat mudah dan cepat, cobalah mengunyah permen karet . Suatu studi menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet memiliki rasa kesejahteraan yang lebih baik dan stres yang lebih rendah.

Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa mengunyah permen karet menyebabkan gelombang otak yang mirip dengan orang yang sedang rileks. Mengunyah permen karet meningkatkan aliran darah ke otak Anda. Selain itu, satu studi baru-baru ini menemukan bahwa menghilangkan stres paling besar saat orang mengunyah lebih kuat.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Habiskan waktu bersama teman dan keluarga

Dukungan sosial dari teman dan keluarga dapat membantu Anda melewati masa-masa stres. Menjadi bagian dari jaringan pertemanan memberi Anda rasa memiliki dan harga diri, yang dapat membantu Anda di masa-masa sulit .

Satu studi menemukan bahwa bagi wanita khususnya, menghabiskan waktu bersama teman dan anak-anak membantu melepaskan oksitosin, pereda stres alami. Efek ini disebut “cenderung dan berteman”, dan merupakan kebalikan dari respons melawan atau lari.

Tertawa

Sulit untuk merasa cemas saat tertawa. Ini baik untuk kesehatan Anda, dan ada beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan stress. Seperti meredakan respons stres Anda, meredakan ketegangan dengan mengendurkan otot Anda.

Dalam jangka panjang, tertawa juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan suasana hati Anda. Sebuah studi di antara orang-orang dengan kanker menemukan bahwa orang-orang dalam kelompok intervensi tawa mengalami lebih banyak pereda stres daripada mereka yang hanya terganggu

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Belajar mengatakan tidak

Tidak semua penyebab stres berada dalam kendali Anda. Karenanya kendalikan bagian-bagian hidup yang dapat Anda ubah dan menyebabkan Anda stres. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan lebih sering mengatakan “tidak”.

Ini terutama benar jika Anda mendapati diri Anda mengambil lebih dari yang dapat Anda tangani, karena banyak tanggung jawab dapat membuat Anda merasa kewalahan. Bersikap selektif tentang apa yang Anda ambil dan mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak perlu menambah beban Anda – dapat mengurangi tingkat stres Anda.

Belajar untuk menghindari penundaan

Cara lain untuk mengendalikan stres Anda adalah dengan tetap berada di atas prioritas Anda dan berhenti menunda-nunda. Penundaan dapat membuat Anda bertindak secara reaktif, membuat Anda kesulitan mengejar ketinggalan. Ini dapat menyebabkan stres, yang berdampak negatif pada kesehatan dan kualitas tidur Anda.

Ikuti kelas yoga

Yoga telah menjadi metode populer untuk menghilangkan stres dan olahraga di antara semua kelompok umur. Meskipun gaya yoga berbeda, sebagian besar memiliki tujuan yang sama untuk menyatukan tubuh dan pikiran Anda.

Yoga terutama melakukan ini dengan meningkatkan kesadaran tubuh dan napas. Beberapa penelitian telah meneliti efek yoga pada kesehatan mental. Secara keseluruhan, penelitian telah menemukan bahwa yoga dapat meningkatkan suasana hati dan bahkan mungkin sama efektifnya dengan obat antidepresan dalam mengobati depresi dan kecemasan.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Dengarkan musik yang menenangkan

Mendengarkan musik dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh. Musik instrumental yang bertempo lambat dapat memicu respons relaksasi dengan membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung serta hormon stres.

Beberapa jenis musik klasik, Celtic, Amerika Asli, dan India bisa sangat menenangkan, tetapi cukup dengan mendengarkan musik yang Anda sukai juga efektif.  Suara alam juga bisa sangat menenangkan. Inilah sebabnya mengapa mereka sering dimasukkan ke dalam musik relaksasi dan meditasi.

Napas dalam

Stres mental mengaktifkan sistem saraf simpatik Anda, menandakan tubuh Anda untuk beralih ke mode “lawan-atau-lari”. Selama reaksi ini, hormon stres dilepaskan dan Anda mengalami gejala fisik seperti detak jantung lebih cepat, pernapasan lebih cepat, dan pembuluh darah menyempit.

Latihan pernapasan dalam dapat membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis Anda, yang mengontrol respons relaksasi. Ada beberapa jenis latihan pernapasan dalam, di antaranya pernapasan diafragma, pernapasan perut, pernapasan perut, dan pernapasan cepat.

Tujuan menarik napas dalam adalah memusatkan kesadaran pada napas Anda, membuatnya lebih lambat dan lebih dalam. Saat Anda menarik napas dalam-dalam melalui hidung, paru-paru Anda mengembang sepenuhnya dan perut Anda naik. Ini membantu memperlambat detak jantung Anda, membuat Anda merasa lebih damai. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: