Simak Cara Check in Batik Air Online, Solusi Bepergian Praktis Tanpa Ribet!

BNews–TIPS– Perjalanan udara menjadi pilihan beberapa orang yang hendak berpergian dalam waktu singkat, meskipun dalam jarak tempuh yang jauh. Selain check in langsung ke bandara terdekat, Anda juga bisa melakukan check in secara online.

Check in online tentu akan sangat memudahkan calon penumpang yang tidak memiliki waktu untuk mengunjungi bandara, apalagi di tengah-tengah suasana pandemi yang masih merajalela.

Adanya check in online juga akan membuat calon penumpang merasa lebih praktis dan dimudahkan dalam memilih waktu dan maskapai yang akan digunakan. Anda bisa check in online di bandara, atau menggunakan Android Anda, baik untuk mengunjungi situs web ataupun membuka aplikasi.

Apa itu check in? Sebelum membahas lebih lanjut cara check in. Anda hendaknya mengetahui pengertian dari check in.

Setiap penumpang yang akan menggunakan perjalanan udara akan melalui proses check in. Check ini adalah proses pengecekan dokumen yang harus dijalani ketika hendak menggunakan pesawat.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Proses check ini terdiri dari pengecekan identitas penumpang, tempat duduk, waktu keberangkatan, hingga tujuan yang hendak ditempuh.

Persiapkan dokumen ketika Anda hendak check in, di antaranya adalah kartu identitas (KTP/Paspor), tiket pesawat, visa (jika dari luar), dan sebagainya. Selanjutnya petugas akan mengonfirmasi dokumen check in Anda tersebut. Petugas yang telah mengonfirmasi Anda kemudian akan memberikan boarding pass. Boarding pass tersebut lah yang akan Anda bawa ketika memasuki pesawat.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Boarding pass menjadi bukti bahwa Anda adalah penumpang resmi baik ketika masuk ke dalam pesawat maupun ketika Anda transit. Setelah mengetahui tahap-tahap ketika check in secara langsung di bandara, Anda juga perlu mengetahui check in online, sebagai jaga-jaga jika Anda hendak memilih menggunakan cara ini.

Check in Traveloka

Cara check in online dianggap rumit, ini karena penumpang belum mengetahui bagaimana caranya. Anda hanya perlu membuka situs web atau aplikasi maskapai yang Anda pilih atau situs dimana Anda membeli tiket dan melakukan check ini.

Sebagai contoh, jika Anda hendak checkin batik air online, Anda bisa mengunjungi situs resmi maskapai atau menggunakan situs/ aplikasi dimana Anda memesan tiket, seperti Traveloka.

Anda hanya perlu membuka aplikasi atau situs web Traveloka dan masuk pada akun Anda. Jika ternyata Anda belum memiliki akun, maka Anda perlu mendaftar terlebih dahulu menggunakan email yang Anda gunakan ketika membeli tiket.

Pada menu Pesanan, pilih e-tiket dan klik Check-in Online. Anda kemudian akan diminta untuk menyetujui kebijakan yang tertera pada layar Anda. Selanjutnya, isi data Anda sesuai dengan kolom yang diminta. Isi sesuai dengan dokumen Anda.

Setelah melakukan pengisian, klik Check-in. Anda bisa melihat email untuk mendapatkan konfirmasi keberhasilan check in. Selain pada email, Anda bisa mengakses boarding pass pada aplikasi dengan e-ticket.

Jika boarding pass tidak kunjung dikirim, ini berarti ada kesalahan selama proses check in berlangsung. Anda bisa menghubungi pihak CS maskapai atau aplikasi yang Anda gunakan, Traveloka misalnya.

Check in Batik Air

Jika Anda hendak checkin batik air online, maka Anda bisa membuka situs resmi maskapai. Isikan rincian pemesanan Anda dan ketik kode booking yang terdapat pada e-ticket yang masuk apda email Anda.

Pada bagian bawah akan ada tampilan menu opsi tambahan, isikan dengan nomor penerbangan. Klik pada Pencarian Data. Anda akan diberikan informasi layanan yang bisa Anda pilih jika diperlukan, seperti penambahan bagasi, pesan makanan, pilihan kursi, dan sebagainya.

Selanjutnya, klik Check in. Anda akan mendapatkan boarding pass lewat email. Cetak boarding pass tersebut di konter khusus check in Batik Air. Minimal check online adalah 4 jam sebelum keberangkatan pesawat Anda.

Jangan lupa untuk selalu menyediakan dokumen penting bagi Anda yang hendak bepergian baik dalam maupun luar negeri. Pantau waktu keberangkatan dan baca segala informasi yang berkaitan dengan penerbangan Anda supaya tidak ketinggalan.

Untuk menjaga keamanan dan kesehatan penumpang, sebaiknya selalu mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan. Selain dokumen penerbangan, Anda juga harus membawa dokumen lain seperti surat bebas Covid-19, pakai masker, dan bawa handsanitizer untuk jaga-jaga. Stay safe! (adv)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: