Simak! Ini Dampak Bahaya Tidur Dengan Kipas Angin Menyala

BNews—BOROBUDUR—Tak sedikit masyarakat yang memiliki kebiasaan tidur dengan membiarkan kipas angin menyala di sekitarnya. Terutama mereka yang tinggal di daerah yang cuacanya terasa panas serta tidak memiliki pendingin ruangan.

Kipas angin dibiarkan menyala semalaman, agar suhu ruangan tak teras panas. Bahkan arah angin yang diciptakan kipas angin langsung dihadapkan ke tubuh saat sedang tidur.

Terkait aktivitas tersebut, ada sebagian orang yang percaya bahwa tidur dengan kipas angin menyala disekitarnya, dapat mengakibatkan berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa efek bahaya tidur dengan membiarkan kipas angin menyala di sekitarnya, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Menyebabkan Alergi

Kipas angin yang menyala semalaman dapat menyebabkan sirkulasi debu, tungau, serbuk sari tanaman, dan bahan alergen (pencetus angin) lainnya yang ada di dalam ruangan, hanya berputar-putar.

Menghirup berbagai alergen tersebut, dapat berpotensi timbulnya reaksi alergi, seperti bersin, hidung meler, mata berair, tenggorokan gatal atau gangguan pernapasan.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Iritasi Sinus

Saat menyalakan kipas angin, maka udara di dalam ruangan tersebut akan kering. Udara kering tersebut yang bisa membuat selaput lender dalam rongga hidung kering.

Semakin kering, maka produksi lender akan banyak yang bisa menyebabkan penyumbatan saluran pernafasan hingga iritasi sinus.

Hipetermia

Ketika tidur dengan membiarkan kipas angin menyala di sekitarnya dapat mengakibatkan hipetermia. Kondisi tersebut yakni ketika suhu tubuh berada di atas normal dan terus berada di tingkatan yang lebih saat tubuh tidak mampu menahan suhu panas.

Karenanya, lebih baik tidak menggunakan kipas angin di dalam runagan tanpa adanya ventilasi udara.

Kekurangan Oksigen

Apabila kipas yang terus berputar kencang disekitar tubuh, bisa mengakibatkan paru-paru tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Keluarnya udara dari kipas angin yang bisa saja mengenai hidung maupun mulut bisa memperparah kondisi. Yang  mana bisa membuat tubuh kekurangan oksigen.

Kekurangan Cairan

Saat tidur dengan kipas angin yang menyala di sekitarnya, berpotensi membuat kualitas tidur menurun. Sebab udara dingin yang ditimbulkan dapat menyerap air dalam tubuh.

Hal tersebut dapat membuat tubuh terasa lemah, bahkan berpotensi membuat organ tubuh maupun kulit tidak bisa berfungsi dengan baik. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: