Sinyal Black Box Pesawat Sriwijaya SJ 182 Terdeteksi, KNKT Persempit Titik Lokasi Pencarian

BNews—NASIONAL—Hingga kini proses evakuasi Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu terus dilakukan. Mulai dari pencarian korban hingga puing pesawat termasuk black box.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, sejak kemarin (10/1/2021) sore, petugas sudah melakukan penyelaman di tiga titik. Namun terkendala hujan deras sehingga pencarian dihentikan.

”Tadi malam jam 20.00 WIB turun lagi dengan perahu karet tanpa penyelam untuk memimpin pemasangan tri angel untuk mempersempit (pencarian) kedua black box dan tadi malam sudah diselesaikan. Mudah-mudahan sore ini bisa ditemukan,” kata Soerjanto di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/1/2021).Dikutip dari Merdeka.com.

Dia menjelaskan, black box sangat vital dalam proses investigasi kecelakaan pesawat tersebut. Karenanya, pihaknya bersama tim dari Basarnas dan TNI mengoptimalkan pencarian black box itu.

”Besok kapal Baruna Jaya 4 ada peralatan tambahan untuk segera menemukan black box,” jelas dia.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsdya TNI, Bagus Puruhito menambahkan, tim pencarian gabungan sudah menemukan lokasi black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Dalam waktu dekat, Basarnas bersama TNI AL akan mengangkut black box tersebut.

”Kita meyakini itu blackbox karena ada sinyal transmitted emergency yang mana hanya ada dari alat tersebut. Dari Basarnas sudah bawa peralatan seperti direction finder yang akan dibawa ke KRI Rigel untuk segera menindaklanjuti pencarian blackbox tersebut,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: