SMK Muha Muntilan Bikin Program Siapkan Siswa Bersaing di Dunia Kerja

BNews—MUNTILAN—Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 (MUHA) Muntilan sedini mungkin menyiapkan generasi muda guna menghadapi era kemajuan zaman dan kompetisi global. Salah satunya dengan membuat program Teaching Factory atau pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis.

 

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan (MUHA) Untung Supriyadi mengatakan, salah satu tujuan Teaching Factory adalah agar para siswa nantinya memiliki penguasaan keahlian atau keterampilan. Program tersebut dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja untuk menghasilkan produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat selaku konsumen.

 

”Pelaksanaan program Teaching Factory selain berorientasi pada kemampuan teknis dalam bekerja juga kemampuan berwisausaha,” kata Untung saat ditemui ruangannya, Selasa (18/9). Tambah dia, dengan pembelajaran wisausaha diharapkan banyak muncul wirausaha muda baru sehingga mewujudkan kemandirian ekonomi.

 

Untung menjelaskan ada dua jenis kegiatan Teaching Factory yakni percetakan dan kuliner. Untuk percetakan siswa dilatih mulai produksi awal membuat desain, proses cetak, teknis pemasaran serta melayani konsumen.

 

Sedang untuk kuliner mulai pengetahuan teknis pengetahuan dan pembuatan bakso berbahan baku jamur. Sehingga nantinya diharapkan akan menghasilkan produk kuliner yang benar-benar siap dan layak untuk dikonsumsi baik dari aspek agama maupun kesehatan.

 

”Saat ini kegiatan percetakan dengan nama EzemchaMU dan juga kuliner bakso jamur telah menjadi unit usaha baru SMK Muhammadiyah 2 Muntilan. Secara langsung menjadikan pembelajaran sekaligus tempat praktik bagi para siswa dalam berwirausaha” paparnya.

 

Sebagaimana diketahui, peresmian program Teaching Factory dilakukan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah ke-14 periode 2005-2015, Din Syamsuddin beberapa waktu yang lalu. Turut hadir dalam peresmian tersebut Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari dan pimpinan lainnya serta beberapa Kepala Sekolah Muhammadiyah. (han)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: