Soal Isu 15 Menteri di Kabinet Indonesia Maju Mundur, ini Kata Wapres

BNews-NASIONAL– Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan bahwa tidak ada isu mengenai pengunduran diri 15 menteri dari Kabinet Indonesia Maju. Menurut Ma’ruf, para menteri bekerja dengan baik dalam kabinet tersebut.

Ma’ruf menjelaskan, “Dari informasi yang saya miliki, tidak ada isu tersebut. Saya tidak merasakan adanya pengunduran diri para menteri.” Hal ini disampaikan oleh Ma’ruf saat memberikan keterangan pers dalam kunjungan kerjanya di Malang, Jawa Timur, yang diabadikan dalam video oleh Setwapres pada Jumat (19/1/2024).

Ma’ruf menyebut bahwa isu tersebut hanya berasal dari media. Ia menekankan bahwa rapat kabinet berjalan dengan baik dan tidak ada masalah.

“Saya memang membaca tentang hal ini di media sosial dan juga melihatnya di televisi atau media lainnya. Namun, di dalam rapat kabinet, tidak ada masalah dan semua bekerja dengan baik,” ujar Ma’ruf.

Lebih lanjut, Ma’ruf menambahkan bahwa memang ada beberapa menteri yang terlibat dalam proses pemilihan presiden seperti menjadi calon presiden, calon wakil presiden, atau menjadi tim sukses. Namun, hingga saat ini, Ma’ruf belum menerima laporan mengenai dampak yang ditimbulkan oleh keterlibatan menteri dalam proses tersebut.

“Apakah hal ini berpengaruh karena banyak menteri yang terlibat menjadi calon presiden, calon wakil presiden, atau tim sukses dan sebagainya? Saya belum menerima laporan mengenai pengaruhnya,” jelasnya.

Ma’ruf juga menyatakan bahwa aturan memang memperbolehkan hal tersebut, dengan catatan bahwa kinerja menteri tersebut tidak boleh menurun. Hasil dari evaluasi mengenai hal ini masih belum diketahui. Jika terjadi penurunan kinerja, maka aturan tersebut perlu dievaluasi.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kabar mengenai kemungkinan pengunduran diri sejumlah menteri ini dikemukakan oleh ekonom senior dari Indef, Faisal Basri. Awalnya, Faisal mengajak sejumlah menteri untuk mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju karena anggapan bahwa Presiden Jokowi terkesan berpihak kepada pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Faisal Basri mengklaim bahwa yang paling siap untuk mundur adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Totalnya, terdapat 15 menteri yang kemungkinan akan mengundurkan diri, baik yang berasal dari kalangan teknokrat (bukan dari partai) maupun dari partai oposisi.

“Faisal Basri menjelaskan, “Saya telah berdiskusi dengan para petinggi partai dan lain-lain. Ternyata, yang paling siap untuk mengundurkan diri adalah Ibu Sri Mulyani dan Pak Basuki, terkait dengan situasi Gibran yang dianggap melampaui akal sehat.” ujar Faisal Basri dalam program Closing Bell CNBC Indonesia, dikutip pada Kamis (18/1). (*/cnn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: