Sonjo Kampung Menayu Diluncurkan Ini Istimewanya



BNews-MUNTILAN—Siapa yang tidak tahu Kampung Menayu Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, dimana disana menjadi sentra peternakan ikan. Sebagian besar warga menayu menggarap lahan pertaniannya menjadi tempat pemijahan ikan.
Loading...
Namun sekarang mereka tidak hanya itu, kampung ini mampu berkembang menjadi semua kampung wisata Mina. Hari ini (19/8) kampung ini resmi lounching Kampung Wisata Sonjo Menayu oleh camat Muntilan Agus Purgunanto.
Camat Muntilan Agus Purgunanto menerangkan bahwa kampung wisata khusus pemberdayaan ikan atau bisa disebut Mina Wisata ini sangat kami dukung. “ Nanti dari kami pihak pemerintahan akan membantu memberikan bantuan dan promosi, langkah awal saya akan ajak kawan-kawan sana disini sekalian promosi kedepannya,” katanya setelah resmi loucnhing kampung wisata ini dengan pemukulan gong.
Sonjo sendiri merupakan gambaran khas kearifan local warga Menayu dimana mereka berbaur antar tetangga sambil berternak ikan. “ Jadi kampung wisata Sonjo Menayu ini akan menyuguhkan kearifan local warga menayu seperti kehidupan sehari-hari masyarakat disini dan tentunya edukasi soal pemijahan/mengembang biakan ikan khususnya ikan emas yang menjadi unggulan disini,” ungkap Hariyadi, 56 dalam sambutan panitianya.

Dalam acara ini juga disuguhkan kesenian khas kampung menayu yakni Mina Lumping yang diberi nama Krida Budaya Mina Lumping. “ Biasanya kan kalau kesenian Kuda Lumping dimana penarinya menggunakan ornamen kuda, namun disini beda ornament yang kita bawa berbentuk ikan dan tariannya seperti ikan yang dipadukan tarian jawa,” pungkasnya. (BSN)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: