Sri Sultan Tanda Tangani IPL Jalan Tol Yogya-Solo

BNews–JOGJA– Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X tanda tangani Izin Penetapan Lokasi (IPL) Jalan Tol Yogya-Solo. Selanjutnya proses tinggal menunggu IPL keluar.

Setelah IPL keluar, pembebasan lahan akan dilakukan maksimal dua tahun setelah IPL terbit.

Sedangkan untuk persiapan pemasangan patok, Pemda DIY terus berkoordinasi dengan Satker dan akan dimulai minggu pertama Agustus 2020.

”IPL Jalan Tol Yogya-Solo sudah ditandatangani Ngarsa Dalem. Setelah IPL keluar, pemasangan patok akan dimulai pada minggu pertama Agustus,” ungkap Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno usai bertemu Sultan HB X.

Rencananya pemasangan patok, lanjutnya akan dilakukan dengan menyisir dari wilayah Timur dengan perbatasan Jawa Tengah di Tamanmartani, Kalasan, Sleman.  

“Setelah itu dilanjutkan ke Kecamatan Depok, serta kecamatan lainnya sampai di Kecamatan Mlati, dimana penetapan lokasi Tol YogyaSolo berakhir di Desa Tirtoadi, Mlati,” imbuhnya.

Menurutnya, Desa Tirtoadi akan dilewati Jalan Tol Yogya-Solo maupun Tol Yogya-Bawen. Tanah yang terdampak pembangunan Tol Yogya-Solo sebanyak 3.006 bidang seluas 177,5 hektare.

“Dari proyek sepanjang 22 kilometer ini terdapat 2.978 warga terdampak di enam kecamatan,” ujarnya.

Baskara Aji menambahkan, IPL Tol Yogya-Solo sudah diteken Sultan HB X lebih dari seminggu lalu. Setelah IPL keluar segera ditindaklanjuti pemasangan patok di titik-titik yang sudah ditentukan. (*/islh)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: