Sulit Menghilangkan Pikiran Negatif? Lakukan 5 Hal Ini agar Hidup Lebih Santai

BNews—TIPS— Banyak hal yang membuat kita sering berpikir negatif, misalnya memikirkan sesuatu secara berlebihan, rasa marah, terlalu memikirkan pendapat orang lain dan sebagainya. Terkadang, kita gagal dan jauh dari kesuksesan bukan karena keadaan tetapi karena kita sendiri yang memperburuknya dengan berpikir negatif.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengilangkan pikiran negatif dalam diri kita.

Menuliskan perasaanmu

Kalau kamu punya perasaan negatif tentang dirimu sendiri atau suatu hal, tapi kamu tak punya seseorang untuk berbagi. Kamu bisa menuangkan apa yang kamu rasakan ke dalam sebuah tulisan. Menulis juga merupakan salah satu cara yang bagus untuk menenangkan pikiran.

Memaafkan diri sendiri

Jika kamu sering berpikir negatif tentang diri sendiri karena kegagalan atau kesalahan, maka ini adalah saat yang tepat untuk memaafkan dirimu sendiri. Berikan diirmu belas kasih dan jangan memaksa dirimu untuk selalu memenuhi ekspektasimu. Terkadang, kamu juga butuh istirahat untuk menenangkan diri agar bisa berpikir positif.

Berteman dengan orang yang positif

Pikiran negatif terkadang tak selalu berasal dari diri sendiri tapi dari orang sekitar kita. Kalau kamu berteman dengan orang yang negatif, maka mereka juga akan memberimu perspektif negatif. Jadi, carilah orang yang bisa memberi nasihat dan membantumu saat ada masalah bukan malah membuatmu semakin terpuruk.

Melakukan perbuatan baik

Salah satu hal yang membuat kita sering berpikir negatif karena kita merasa tidak cukup baik untuk diri sendiri, orang lain dan lingkungan kita. Jadi, untuk menghilangkan perasaan seperti itu lakukan hal yang baik untuk diri sendiri dan orang lain. Denag begitu kamu tak akan merasa kalau hidupmu selama ini sia-sia.

Mencintai diri sendiri

Orang mudah beranggapan negatif tentang dirinya atau hidupnya karena mereka pada dasarnya kurang mencintai dirinya sendiri. Kalau kamu bisa mencintai diri sendiri, maka apapun yang terjadi dalam hidupmu, entah itu baik atau buruk kamu akan mudah menerimanya dengan lapang dada. Mencintai diri sendiri juga akan mudah membuatmu menjadi orang yang bersyukur.

Hal yang paling penting untuk kamu lakukan saat pikiran negatif itu muncul ialah mencoba mengubah cara berpikirmu dan renungkan bagaimana kamu mengambil sudut pandang. Terkadang, hidup itu menjadi buruk bukan karena keadaan tetapi karena pola pikir kita sendiri yang salah. (*)

Sumber: Fimela.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: