Gali Kolam Hotel, Pekerja Temukan Bebatuan Bekas Candi Borobudur

BNews—BOROBUDUR— Para pekerja pembangunan sebuah tempat menginap di Dusun Gopalan Desa/Kecamatan Borobudur menemukan sejumlah bebartuan yang diduga kuat bagian dari Candi Borobudur. Mereka menemukan bebatuan ini terkubur tanah.

Balai konservasi borobudur seperti keterangan resmi di laman webnya mengatakan temuan tersebut langsung ditindak lanjuti oleh tim monitoring. Ada empat batu peninggalan sejarah yang ditemukan. Terdiri daribatu luar dan batu isi Candi Borobudur. Bebatuan ini diduga terkubur ratusan tahun.

Advertisements


Batu yang diselamatkan adalah batu luar yang berelief berjumlah 4 buah batu. Selanjutnya batu dibawa ke kantor konservasi borobudur. Kondisi batu temuan tersebut dalam keadaan baik dan masih terlihat jelas bentuk reliefnya.


“Untuk batu isian Candi Borobudur untuk saat ini tidak ikut serta dibawa ke Kantor Balai Konservasi Borobudur dan masih berada di tempat pertama kali ditemukan,” katanya.

Batu temuan ini merupakan batu yang ditemukan oleh penduduk pada saat menggali tanah untuk keperluan pembangunan kolam renang salah satu hotel di sekitar Candi Borobudur.

BAGUS : Kondisi bebatuan masih sangat bagus. (Foto : dok BKB)

“Balai Konservasi Borobudur memberikan kompensasi atas temuan cagar budaya sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat yang turut menyelamatkan cagar budaya,” katanya.

Pemberian kompensasi diberikan kepada sejumlah orang yang turut serta dalam penyelamatan cagar budaya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini lebih memacu masyarakat untuk ikut berperan serta dalam pelestarian cagar budaya. (bsn/bn1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: