Terjadi Guguran Di Lereng Barat Merapi Sejauh 3 Km, Ini Penjelasan BPPTKG

BNews–DUKUN– Aktivitas kegempaan Gunung Merapi hari demi hari mengalami peningkatan. Akibatnya sejumlah guguran terjadi di lereng Gunung Merapi.

Seperti yang terjadi pada Minggu siang kemarin (8/11/2020), terjadi guguran cukup besar di lereng Gunung sisi barat. Wilayah ini masuk kawasan pemantauan PGA Babadan Kecamatan Dukun Magelang.

Menurut laporan berkala BPPTKG, guguran tersebut terjadi sekitar pukul 12.50 wib. Secara visual tampak dari PGA Babadan Dukun Magelang.

“Guguran Minggu siang pukul 12.50 WIB memang mengarah ke barat yakni hulu Kali Sat. Guguran terpantau sejauh 3 kilometer dari puncak dan menurut Hanik biasa terjadi dalam situasi Merapi yang sedang beraktivitas,” katanya (8/11/2020).

Ia menyebutkan, guguran tersebut merupakan fenomena yang biasa terjadi di Gunung Merapi.

“Guguran tadi tidak disertai dengan kejadian awan panas. Untuk potensi bahaya saat ini masih sesuai rekomendasi, yaitu guguran lava, lontaran material vulkanik dari erupsi eksplosif, serta awan panas sejauh maksimal 5 km dari puncak Merapi,” paparnya.

Sementara seturut data BPPTKG mulai pukul 12.00 hingga 18.00 WIB tercatat ada 11 kali gempa guguran, 26 kali hembusan, 87 gempa fase banyak/hybrid dan 6 gempa vulkanik dangkal. BPPTKG merekomendasikan jarak aman 5 kilometer dari puncak tanpa aktivitas manusia. (*)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: