Terkait Persiapan Tempat Pemakaman Umum Di Progowati, Ini Kata Bupati Magelang

BNews–MAGELANG– Pemkab Magelang terus mempersiapkan rencana pembangunan tempat pemakaman umum (TPU) “Sasana Laya”. Lokasinya di Dusun Srowol, Desa Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, terus bergulir.

Menurut Bupati Magelang Zaenal Arifin, TPU Srowol Progowati disiapkan untuk masyarakat umum yang dikelola oleh pemda.

 “Jadi TPU itu memang kita siapkan, namun tidak hanya sekedar untuk menampung jenazah korban Covid-19 saja, meskipun itu prioritas. Tetapi ketiga “nyuwun sewu” jika ada jenazah dengan status identitas tidak jelas, terlantar dan sebagaikan juga kita siapkan, ” katanya saat diwawancarai awak media (9/9/2021).

“Sehingga ini menjadi pemakaman umum tingkat Kabupaten. Jadi siapapun bisa memanfaatkannya,” tegasnya.

Terkait penyiapan TPU yang memiliki luas 1,6 hektar tersebut katanya bahwa pihak pemda merasa perlu menyiapkannya.

Hal tersebut  sebagai antisipasi bila nanti terjadi lonjakan kasus covid-19 yang memakan korban jiwa, baik tenaga kesehatan (nakes) maupun masyarakat umum.

“Terkait luasannya insyaAllah mencukupi,” ujarnya.

Penetapan TPU “Sasana Laya” di Srowol, Desa Progowati, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Magelang Nomor, 180.182/238/KEP/07/2021 tertanggal 23 Juli 2021.

Untuk merealisasikan rencana itu, pemkab telah menyiapkan sebidang tanah aset daerah seluas 1.600 m2 di Srowol. Luasan itu dipandang cukup memadai dan mampu menampung 260 jenazah.

Ia juga mengaku trend kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang terus menurun. “Sampai hari ini angka pasien covid-19 di sekitaran 150 an,” imbuhnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: