Ternyata Ini Isi Dari Stupa Induk Borobudur

BNews—BOROBUDUR— Kemegahan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang masih menyimpan banyak misteri. Mulai relief yang ditimbun tanah hingga isi dari stupa induk di puncak Candi Borobudur.

 

Dikutip dari berbagai sumber, puncak Candi Borobudur tersebut dibangun paling akhir dari proses pembuatannya di jaman Dinasti Syailendra. Dimana, bagunan Candi Borobudur ini dibagi dalam tiga tingkatan atau perjalanan hidup. Yakni kamadatu, rupadatu, arupadatu.

 

Di lantai terataslah disebut rupadatu. Dimana, di dalamnya terdapat 73 stupa yang terdiri dari 72 stupa kecil dan 1 stupa raksasa yang berada di puncaknya. Namun sedikit berbeda dengan stupa kecil yang memiliki rongga, stupa raksasa yang ada tidak memiliki rongga. Traveler pun lantas dibuat bertanya-tanya akan isi dari stupa raksasa tersebut.
Di stupa-stupa kecil itu wisatawan bisa menyaksikan patung Buddha di dalamnya. Tapi lantas apa yang ada di stupa raksasa.

 

Salah satu pemandu wisata Borobudur mengatakan saat ditemukan dan dilakukan pemugaran oleh Theodore Van Erp ada sebuah patung Buddha di dalamnya.

 

Namun, aneh patung Buddha itu sedikit berbeda dengan yang lainnya. ”Patung Buddha itu tidak dipahat seperti patung lainnya, seperti belum sempurna,” katanya.

 

Karena itu, patung Buddha itu disebut Unfinished Buddha. Bukannya dikembalikan ke dalam stupa utama, patung yang belum jadi itu kini ada di dalam Museum Karmawibangga Borobudur.

 

Banyak yang menyebut di puncak Candi Borobudur itu ada patung yang tidak sempurna mengingat ketidakmampuan manusia untuk menggambarkan sosok Buddha. (bn1/bsn)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: