Tertimpa Longsor Keluarga Asal Salaman Ini Harus Pindah Rumah

BNews—SALAMAN—Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Karang Kulon Desa Kalirejo Kecamatan Salaman, kemarin. Selain menutup akses antar desa, longsor beserta rekahan tanah itu memaksa satu keluarga harus pindah rumah.

 

Longsoran menimpa rumah Maryin, 45, warga setempat. Saat longsor dia beserta anak dan istrinya sedang berada di rumah.

 

Kini rumah mereka dipastikan tidak lagi diperbolehkan untuk dihuni. Sementara waktu mereka masih mengungsi di tempat saudara. “Kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk ditempati,” kata M Yusuf Sakir, anggota DPRD Kabupaten Magelang di sela-sela meninjau lokasi longsor, saing tadi.

 

Pihak BPBD sudah melakukan kajian dan mengeluarkan rekomendasi jika rumah itu tidak aman dihuni. Mengingat pascalongsor tersebut muncul rekahan-rekahan tanah. “Tebing dibelakang rumah korban juga rawan longsor. Tadi setelah dilakukan kajian BPBD akan dilakukan pemasangan talud dan rumah korban harus direlokasi,” kata dia.

 

Sakir menambahkan pemerintah akan bertanggungjawab penuh untuk membantu korban. “Nanti akan segera kita sampaikan supaya segera dilakukan penanganan,” papar dia.

 

Maryin, 45, korban longsor mengaku menyerahkan sepenuhnya kebijakan kepada pemerintah. Jika harus pindah dia mengaku siap asalkan mendapatkan bantuan. “Kondisi tanah juga sudah retak-retak dan bahaya,” papar dia. (bn1)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: