Test Antigen Positif, 2 Wisatawan Menuju Candi Borobudur Diminta Kembali ke Daerah Asal

BNews—BOROBUDUR—Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang menggelar rapid tes antigen gratis. Pemeriksaan tes Covid-19 tersebut kepada wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan Candi Borobudur.

Pemeriksaan tersebut dilaksanakan di Tourist Information Center (TIC) Borobudur, Kabupaten Magelang, pada Sabtu (26/12/2020). Dalam pelaksanaanya, para wisatawan diminta menunjukkan surat keterangan negatif rapid test antigen maupun swab PCR. Sedangkan mereka yang tidak bisa menunjukkan surat tersebut maka harus menjalani test di tempat.

Kepala Bidang Pelayananan Kesehatan pada Dinkes Kabupaten Magelang, dokter Oktora Kunto Adi mengungkapkan, dari beberapa wisatawan yang menjalani rapid test antigen, ada dua yang menunjukkan positif Covid-19 hasil rapid test antigen.

”Dua calon wisatawan yang terdeteksi positif Covid-19 tersebut berasal dari Bogor dan Bekasi,” katanya, Sabtu (26/12/2020).

Dia menjelaskan, wisatawan yang terdeteksi positif Covid-19 hasil rapid test antigen, langsung diimbau untuk kembali ke daerah asal. Serta diminta untuk menjalani isolasi mandiri.

Lebih lanjut, Kunto menyampaikan, wisatawan yang terdeteksi positif juga dibekali surat keterangan hasil rapid tes antigen. Untuk kemudian ditunjukan ke masing-masing fasilitas kesehatan agar bisa dilakukan pemantauan.

”Sedangkan bagi calon wisatawan yang dinyatakan negatif, diperbolehkan melanjutkan perjalanan,” ujar dia.

Loading...

Tambah Kunto, pihaknya menargetkan 100 orang untuk melakukan rapid test antigen tersebut. Diprioritaskan pada pelaku perjalanan dari zona merah dan juga yang berasal dari luar wilayah Jateng. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: