Tim Sepak Bola PPSM Berdiri Sejak Zaman Belanda, Ini Sejarahnya

BNews—MAGELANG—Pembentukan tim sepakbola PPSM Sakti Magelang (Perserikatan Paguyuban Sepak Bola Magelang) sudah lama bahkan sebelum masa kemerdakaan bangsa Indonesia. Awal berdiri perserikatan ini pada tahun 1919.

PPSM Magelang terlahir dengan nama Belanda, yakni Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM). Bond atau perkumpulan IVBM didirikan oleh seorang pribumi bernama Wihardjo dan dibantu dengan empat klub, Mosvia, Stramvogels, HKS, dan Among Rogo.

Mosvia (Middlebare Opleiding School Voor Inlandsche Bestuur Ambtenaren) merupakan Sekolah Pegawai Pangreh Praja yang kini gedungnya untuk Mapolres Kota Magelang. Satarmvogels adalah klub sepak bola milik Belanda dan nama ini juga digunakan oleh sebuah klub liga Belanda.

HKS merupakan sekolah guru pada zaman Belanda yang saat ini gedungnya menjadi kantor capil Kabupaten Magelang. Salah satu siswa HKS yakni E.A Mangindaan, menjadi Kapten kesebelasan IVBM yang mewakili untuk menjadi salah seorang Pendiri PSSI.

Setelah PSSI terbentuk dan IVBM Menjadi anggotanya, nama IVBM-pun di ubah menjadi PPSM pada tahun 1925. Prestasi terbaik di era perserikatan adalah menjadi juara ke-3 pada tahun 1935.

Tahun 1975 (musim 1973/1975) sempat berlaga di kerjurnas PSSI (kejuaraan perserikatan level tertinggi pada saat itu) dan masuk 18 besar. Sejak tahun 2005 berlaga di divisi 3 liga Indonesia setelah sebelumnya bermain di Divisi II A zona Jawa Tengah.

Tahun 2006 lolos ke divisi dua namun saat itu bergabung dengan klub asal sleman, Panca Sakti sehingga namanya pun berubah menjadi PPSM Sakti Magelang. Nama tersebut sebenarnya hanya dipakai pada musim 2007 saja saat masih berlaga sebab merger dengan manajemen Panca sakti hanya satu tahun.

Loading...

Salah satu pendiri Galatama yakni Klub Tidar sakti, yang mengikuti kompetisi Galatama dari tahun 1979-1982, juga berasal dari Magelang maka nama tambahan ‘Sakti’ tetap di pertahankan. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: