Tingkat Kesembuhan dan Kematian Covid-19 di Indonesia Lebih Buruk dari Dunia

BNews—NASIONAL— Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat, perhari Minggu (5/7) jumlah pasien secara nasional akibat covid-19 menembus angka 3.171 korban jiwa. Jika di rata-rata, posisi angka kematian nasional lebih tinggi dari rata-rata dunia.

”Kalau kita lihat angka kematian nasional, ini ada di angka lima persen. Lebih tinggi dari rata-rata dunia yang 4,72 persen,” ungkap juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto di Kantor BNPB, Munggu (5/7).

Sementara itu, jumlah pasien di Indonesia yang berhasil sembuh juga cenderung masih lebih sedikit daripada rata-rata global. Hingga saat ini, total pasien di Indonesia yang sudah berhasil sembuh sudah mencapai 29.105 orang atau sekitar 45,42 persen.

”Tapi jika kita lihat rata-rata global, memang masih di bawah karena rata-rata global ada di 56,71 persen,” katanya.

Meski demikian, Yuri menyebut jika angka tersebut  tidak bisa dijadikan patokan jika seluruh daerah mengalami kondisi yang sama. Menurut dia, banyak daerah di Indonesia yang angka kesembuhannya sudah sangat tinggi.

”Ada sebelas provinsi yang sudah punya angka kesembuhan di atas 75 persen, jadi sudah banyak yang sembuh,” ungkap dia.

Tak hanya itu, meski kasus positif virus corona di Indonesia sudah mencapai 63.749 kasus, mayoritas pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit. Bahkan, penggunaan fasilitas perawatan pasien covid di Indonesia saja baru terisi setengah dari kapasitas maksimal.

”Masih kita punya kapasitas rumah sakit yang cukup banyak karena bed occupation ratio secara nasional baru terisi 53,39 persen. Artinya masih ada separuh yang belum terisi,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: