Pandemi Covid-19, Sanggar di Candimulyo Magelang Berikan Hiburan Edukatif Untuk Anak

BNews—MAGELANG— Pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring menjadi rutinitas mayoritas peserta didik di Indonesia saat ini. Kondisi tersebut dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum usai hingga kini.

Namun aktivitas belajar di rumah selama pandemi ini memunculkan kendala seperti menimbulkan kejenuhan pada beberapa anak. Untuk menyiasatinya, Sanggar Merah Putih yang berada di Dusun Brumbungan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang memiliki cara tersendiri.

”Kegiatan di sanggar ini dimulai sejak bulan Juli 2020 namun deklarasi sanggar baru tanggal 22 Desember 2020 lalu. Di sini anak-anak belajar membaca, menari dan pengetahuan tentang lingkungan hidup,” kata Pendiri sekaligus Pengasuh Sanggar Merah Putih, Endang Karyawati, Minggu (10/1/2021).

Dia menjelaskan, jadwal kegiatan di sanggar miliknya itu setiap hari Minggu sedangkan pesertanya mulai dari umur 4-12 tahun atau tingkat taman kanak-kanak hingga kelas 6 sekolah dasar.

”Setiap pertemuan, kami mengadakan kegiatan yang berbeda-beda. Hari ini, kami melakukan penanaman pohon, seperti tanaman cabai merah kriting, cabai rawit , terong, sawi hingga tomat,” jelas dia.

Wati, panggilan akrabnya, mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman tersebut bermaksud untuk memberikan edukasi kepada anak-anak. Yakni tentang penanaman, perawatan hingga panen sayur.

”Pesertanya ada sekitar 15 anak dan semuanya berasal dari dusun ini. Mereka menanam dengan polybag setelah itu dibawa pulang ke rumah masing-masing sebagai bentuk tanggung jawab atas apa yang dikerjakan,” ujar dia.

”Nanti pertemuan selanjutnya, akan di obrolkan tentang faktor kendala dan pendukungnya. Anak-anak yang tanamannya berhasil tumbuh subur akan di beri apresiasi,” sambungnya.

Tambah Wati, dengan kegiatan penanaman itu diharapkan anak-anak di Sanggar Merah Putih mendapat edukasi baru terkait penanaman sayur. Sekaligus melatih tanggung jawab mereka untuk merawat tanaman tersebut.  (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: