Tingkatkan Pengawasan Kepemilikan Senpi, Polda Jateng Lounching Aplikasi Ini

BNews—SEMARANG— Polda Jawa Tengah melaunching aplikasi senpi online untuk seluruh masyarakat pemegang senjata api. Acara yang dipimpin oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi ini dilaksanakan di Hotel Patra Jasa, Selasa (06/04/2021).

Diketahui bahwa aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan terhadap kepemilikan senpi. Aplikasi ini sebagai respon Ditintelkam Polda Jawa Tengah terkait tren kenaikan penyalahgunaan senjata api yang ada di pegang oleh masyarakat.

Dirintelkam Polda Jateng, Kombes Pol Djati Wiyoto Abadi mengatakan bahwa senpi memiliki tiga golongan. Yaitu senpi untuk bela diri, senpi untuk olahraga dan instansi terkait pengguna senpi.

Terkait aplikasi senpi online ini, Djati mengatakan bahwa aplikasi dapat diunduh di google play store. Nantinya dalam aplikasi itu akan ada nama pemilik senpi, nomor registrasi senpi, alamat pemilik senpi dan masa berlaku surat ijin penggunaan senpi tersebut.

“Nah ini, kalo surat ijin sudah hampir habis, kita bisa memberi peringatan melalui notifikasi atau pesan pada pemilik. Bahwa surat ijin yang bersangkutan sudah hampir habis dan harus diurus perpanjangannya,” kata Djati.

Dia menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin). Hal ini untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat penguna senjata api diluar TNI-Polri agar mendownload aplikasi tersebut agar bisa diawasi penggunaanya.

“Kaitan masalah ijin senpi ini sering terlupakan padahal kalo ijin sudah habis itu pelanggaran,” jelas dia.

Djati pun berharap dengan adanya aplikasi sempi online, dapat meningkatkan pengawasan terkait penggunaan senpi non organik TNI-Polri. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: