Tingkatkan Pengelolaan Wisata , PPMT UNIMMA Lakukan Penguatan Kelembagaan

BNews–MAGELANG– Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekarang disebut Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT). Dan kali ini sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) melakukan PPMT di daerah Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Kali ini para mahasiswa melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertujuan menjadikan lembaga yang unggul. Yakni dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan.

Selain bertujuan tersebut, kegiatan tersebut untuk mempercepat pencapaian visi institusi. Dan kelompok mahasiswa tersebut bekerjasama dengan Karang Taruna  Dusun Ganjuran Desa Sukorejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Kelompok tersebut terdiri dari lima mahasiswa UNIMMA. Mereka adalah sejumlah mahasiswa dari fakultas ekonomi dan bisnis yaitu Sandra K, Putriheni, Tania Melinda, Nichita Lalita dan Muhammad Farkhan. 

Dosen Pembimbing Anissa Hakim Purwantini, S.E.,M.Sc menyampaikan, kegiatan PPMT ini sudah dilakukan sejak pertengahan awal juni lalu. Kegiatan diawali dengan meminta izin kepada Kepala Desa, Kepala Dusun dan juga ketua karang taruna setempat.

“Tema yang diangkat dalam PPMT Dusun Ganjuran tersebut adalah “Optimalisasi Pengelolaan Wisata Alam Mata Air Ndas Gending Melalui Pemberdayaan Karang Taruna ”,” katanya.

Sementara Koordinator Tim PPMT Dusun Ganjuran yang juga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMMA, Farkhan menjelaskan tujuannya PPMT tersebut untuk menciptakan lingkungan dengan suasana kondusif. Dimana kedepan yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata di daerah tersebut.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dari hasil observasi yang dilakukan Kelompok PPMT, lanjutnya permasalahan yang terjadi di wisata alam mata air Ndas Gending adalah belum adanya pengelolaan wisata yang baik. Selain itu juga tingkat kesadaran terkait kebersihan yang rendah.

Ia juga menjelaskan, atas permasalah tersebut yang mendasari mahasiswa dan Dosen Pembimbing UNIMMA terjun lapangan. Yakni untuk mengadakan pelatihan dan pendampingan Sapta Pesona & Dan pembentukan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

“Kami menargetkan kepada para karang taruna di dusun Ganjuran untuk lebih memahami dan merepkan Sapta Pesona dalam pengelolaan wisata air Ndas Gending. Serta untuk kelembagaan dibentuklah Pokdarwisa di lokasi tersebut,” jelasnya.

Ia  juga mengaku telah  meminta bantuan kepada Karang Taruna setempat selaku pengelola wisata alam mata air Ndas Gending. Yakni agar ke depannya dapat bekerjasama dengan baik dan optimal.

Dengan diadakannya kegiatan PPMT tersebut, lanjutnya pihaknya berharap membawa dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat Dusun Ganjuran . “Ya khususnya  oleh pengunjung dan pengeloaa Dan diharapkan masyarakat semakin mengenal Universitas Muhammadiyah Magelang,” pungkasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: