Tingkatkan Religiusitas Warga, Pemkot Magelang Canangkan Kampung Religi

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang mencanangkan Kampung Religi yang pertama di wilayahnya. Yakni Kampung Wates Beningan dan Wates Tengah, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara.

Acara dilaksanakan di Balai RW 2 Kampung Wates Beningan pada Jumat (9/4/2021). Kampung religi merupakan salah satu program kerja 100 hari kepemimpinan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz dan Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur.

”Salah satu visi misi kami adalah membuat Kampung Religi. Di sini akan tercermin sebuah toleransi, bahwa semakin tinggi religiusitas, semakin kita taat pada Tuhan yang Maha Kuasa maka akan semakin baik dalam bertoleransi, tidak akan mungkin terjadi radikalisme,” jelas Aziz.

Dia menjelaskan bahwa di kampung tersebut akan ada kegiatan-kegiatan positif. Dalam rangka peningkatan keimananan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Aziz mencontohkan, Kota Salatiga yang dikenal sebagai kota toleransi terbaik di Indonesia. ”Yang dimaksudkan pencanangan Kampung Religi nanti ada hal-hal positif yang terjadi, peningkatan ibadah dan pemahamannya meningkat, juga kegiatannya,” jelas dia.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Pihaknya berharap, pencanangan ini ke depan membuat Kota Magelang semakin baik. Di sisi lain, dia meminta Kampung Religi bersinergi dengan program lain seperti program pengentasan kemiskinan.

Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur menambahkan beberapa indikator Kampung Religi, antara lain keimanan dan ketaqwaan warga terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pengetahuan keagamaan semakin luas dan luwes dan toleran.

“Kemudian, kerukunan umat beragama semakin lestari, pengamalan ibadah mantab, tempat-tempat ibadah makmur, dan masyarakatnya berakhlakul karimah,” katanya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Setda Kota Magelang Hadi Sutopo mengemukakan, adanya pencanangan Kampung Religi merupakan salah satu wujud bahwa Kota Magelang merupakan Kota yang religius.

“Kampung Religi adalah program 100 hari kerja pertama. Kampung Wates Beningan dan Wates Tengah adalah kampung yang pertama di Kota Magelang. Sebelumnya warga sudah membentuk tim Kampung Religi dan setelah dicanangkan kami bersama opd terkait akan sengkuyung mewujudkan Kampung Religi,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: