Tips Cepat Memulihkan Mata Pasca Operasi Katarak

BNews-TIPS- Operasi katarak merupakan tindakan bedah untuk menghilangkan katarak yang mengaburkan lensa mata. Kondisi katarak terjadi ketika lensa mata yang sebelumnya jernih menjadi keruh, sehingga penglihatan menjadi buram atau kabur.

Proses operasi katarak dilakukan oleh dokter spesialis mata dan dilakukan secara rawat jalan, artinya pasien tidak perlu tinggal di rumah sakit setelah operasi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempercepat pemulihan setelah operasi katarak!

Tips Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi Katarak

Katarak sebenarnya tidak membahayakan penderitanya, namun dokter biasanya merekomendasikan operasi jika masalah ini telah mengganggu penglihatan seseorang.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan setelah operasi:

  1. Hindari paparan iritasi

Hindari penggunaan produk kimia, deterjen, polusi udara, debu, dan paparan sinar matahari yang berlebihan yang dapat menyebabkan iritasi pada mata. Gunakanlah kacamata atau balutan kasa pada area mata untuk menghindari paparan tersebut.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Paparan iritasi ini tidak hanya dapat menghambat tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri, tetapi juga meningkatkan risiko infeksi pada mata sehingga memperlambat proses pemulihan.

  1. Hindari menyentuh mata

Setelah operasi katarak, jangan menyentuh atau menggosok mata dalam beberapa minggu. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi.

Infeksi bisa terjadi karena adanya patogen berbahaya yang terpindahkan dari tangan ke mata. Selain itu, bakteri dan virus yang ada di tangan juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

  1. Batasi paparan air

Usahakan untuk membatasi paparan air setelah operasi katarak. Hindari berenang dan mencuci wajah sebisa mungkin, karena air dapat menyebabkan risiko infeksi atau iritasi pada mata.

  1. Lakukan pemeriksaan ulang

Pemeriksaan ulang setelah operasi memungkinkan dokter mata untuk mengevaluasi kesehatan mata secara menyeluruh. Hal ini penting untuk memastikan tidak ada komplikasi atau infeksi yang berkembang.

Pemeriksaan ulang juga membantu dokter memantau perkembangan pemulihan serta memastikan adaptasi mata terhadap lensa buatan.

  1. Istirahat yang cukup

Salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat pemulihan setelah operasi katarak adalah dengan istirahat yang cukup.

Hindari melakukan aktivitas berat, terutama aktivitas yang dapat menimbulkan tekanan di dalam atau sekitar mata. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 8 jam per malam.

Katarak yang dibiarkan tanpa penanganan dapat meningkatkan risiko kebutaan.

Itulah beberapa tips untuk mempercepat proses pemulihan setelah operasi katarak. Jika Anda memiliki keluhan pada mata, segera konsultasikan pada dokter spesialis mata terdekat. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!