Tips Menarik Cegah Anak Bosan Selama Belajar di Rumah Akibat Pandemi Covid-19

BNews—NASIONAL—Sudah sekitar satu bulan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Kebijakan sekolah daring dari rumah ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19.

Kendati demikian, setelah berjalan beberapa waktu ternyata ada beberapa orang tua yang justru mengeluh. Sebab merasa terbebani oleh tugas belajar dirumah milik sang anak yang cukup padat.

Simak beberapa tips menarik yang berhasil dihimpun Borobudur News dari berbagai sumber. Mengenai cara meluangkan waktu yang produktif dan tidak membosankan selama belajar di rumah. 

Memasak

Kegiatan memasak merupakan hal yang hampir semua anggota keluarga menyukainya. Hanya saja, kadang terdapat perbedaan pilihan menu yang membuat anggota keluarga malas melakukannya.

Hal tersebut dapat diantisipasi dengan membuat susunan menu, selama anggota keluarga masih melakukan belajar dirumah maupun bekerja dari rumah.

Pembagian Tugas Rumah

Selama sekolah dari rumah maupun bekerja dari rumah, buatlah kesepakatan dalam pembagian pekerjaan rumah. Sehingga para anggota keluarga memiliki tugas rutin dan mengurangi rasa bosan saat harus berada di rumah.

Membuat permainan

Buatlah jadwal permainan dengan anggota keluarga saat berada di rumah. Carilah permainan yang seru, asik, sesuai dengan kondisi rumah, semua anggota keluarga terlibat, tetapi tetap aman. Misalkan : catur, petak umpet, main kartu, dan lain sebagainya.

Membuat keterampilan

Aktivitas lain yang dapat dilakukan bersama anggota keluarga ketika dirumah adalah membuat keterampilan tangan. Salah satunya yakni membuat aneka kreasi dari manik-manik.

Ada juga membuat frame foto untuk membingkai beberapa hasil karya anak-anak ketika di sekolah. Aturan dasar untuk melakukan ini adalah libatkan semua anggota keluarga.

Bereksperimen dengan sains

Untuk memberikan pengetahuan kepada anak saat dirumah sekaligus mengurangi rasa bosan, bisa dilakukan dengan bereksperimen.  Untuk eksperimen yang akan dilakukan, dapat melihat contohnya di youtube.

Libatkan semua anggota keluarga, mulai dari memilih jenis eksperimen, menyiapkan bahan-bahan, eksekusi hingga pembersihan area setelah selesai. (rur)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: