IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Tips Merawat Sepeda Agar Bisa Dipakai Jangka Waktu Lama

BNews—NASIONAL—Ditengah pandemi Covid-19 saat ini, bersepada tengah menjadi tren baru bagi masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa gemar bersepeda.

Kegiatan bersepeda pun juga menjadi hobi baru dikalangan masyarakat bahkan ada yang menjadikannya rutinitas. Jika memiliki sepeda, tentunya ingin agar sepeda tersebut awet dan tidak mudah rusak.

Karenanya, perlu perhatian lebih agar sepeda bisa dipakai dalam jangka waktu panjang. Berikut ini, ada beberapa tips untuk merawat sepeda yang dimiliki.

Lakukan pengecekan secara menyeluruh

Periksa sepeda mulai dari rangka kemudian area spesifik. Seperti pada bagian sambungan, khususnya di sekitar head tube (posisinya berada di bawah setang), dan braket bawah.

Jika ada retakan, bawa sepeda ke bengkel untuk dicek oleh mekanik yang berpengalaman. Rawat sepeda dengan penyetelan rutin dan pemeriksaan tahunan di bengkel.

Jaga sepeda tetap bersih

Loading...

Menjaga tetap bersih adalah salah satu hal penting dalam merawat sepeda. Bukan hanya agar nampak keren namun juga memastikan setiap bagian sepeda berfungsi dengan sempurna.

Bersihkan sepeda dengan teliti hingga ke bagian-bagiannya apalagi setelah bersepeda menerjang hujan atau lumpur.

Simpan dengan baik

Sinar matahari, hujan, dan material asing dapat menyebabkan sepeda rusak. Jika cuaca sedang lembap, karat pada komponen logam tertentu juga dapat berkembang lebih cepat. Sehingga simpan sepeda di dalam rumah atau lindungi dengan cover sepeda

Pelumas untuk mencegah aus

Pastikan sepeda dilumasi dengan benar, terutama bagian yang memiliki mekanisme gerak, contohnya rantai, tuas rem dan derailleur (komponen untuk mengganti gir atau gigi pada sepeda), kabel, serta bearing.

Hindari melumasi terlalu banyak, karena akan menarik kotoran dan merusak sepeda. Biarkan pelumas meresap, lalu bersihkan sisa oli dengan lap.

Download Musik Keren (Klik Disini)

Ganti rantai secara teratur

Rantai yang dipakai berkali-kali akan tergerus oleh gir yang tajam karena menopang beban tubuh pesepeda. Rantai menjadi aus dan meregang seiring waktu karena kotoran dan gesekan.

Sebaiknya ganti rantai setiap satu tahun sekali, atau setiap rantai tersebut mulai menunjukkan tanda aus. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: