Tips Mudah Memasak Sayur Agar Tidak Menghilangkan Nutrisinya

BNews—TIPS—Sayur-sayuran secara garis besar adalah sumber nutrisi yang cukup penting bagi kesehatan. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini, menjaga kesehatan tubuh sangat penting agar imun terjaga.

Beberapa manfaat mengkonsumsi sayuran antara lain, meningkatkan sistem imun, melancarkan BAB, mencegah kanker dan sayuran adalah sumber serat, vitamin, mineral dan gizi bagi tubuh. Maka sangat penting mengetahui cara mengolah sayuran agar nutrisinya tetap terjaga.

Berikut ini terdapat beberapa tips yang dihimpun Borobudur News dari berbagai sumber, mengenai cara memasak sayur agar nutrisinya tetap terjaga dan tidak hilang nutrisinya.

Menumis

Memasak sayur dengan ditumis sangat mudah dan praktis. Nah, agar nutrisi yang terkandung dalam sayuran tetap terjaga, pastikan menumisnya dengan benar. Gunakan minyak zaitun di atas api besar dan hanya membutuhkan sedikit waktu.

Bukan hanya rasanya yang enak, menumis dengan minyak zaitun dapat meningkatkan penyerapan vitamin larut lemak seperti Vitamin A, D, E dan K.

Mengukus

Bila biasanya memasak sayuran dengan merebus, dapat menggantinya dengan mengukus. Sayuran yang dikukus akan lebih terjaga nutrisinya.

Merebus sayuran akan membuat nutrisinya larut di air rebusan tersebut, jadi untuk menghindarinya sebaiknya mengukus sayuran alih-alih merebusnya.

Dipanggang

Teknik memasak agar sayur tetap terjaga nutrisnya, dapat dengan memanggangnya. Sayuran yang dipanggang akan lebih terjaga nutrsinya.

Memanggang sayur di oven akan menjaga lemak nabati yang terkandung dalam sayuran. Pastikan saat memanggang, api yang digunakan rendah dan tidak terlalu lama. Suhu tinggi dapat menyebabkan sayuran menjadi gosong dan menghilangkan rasa aslinya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: