Tips Tidur Lebih Nyenyak Saat Udara Panas

BNews—TIPS—Walaupun sudah malam, tidak jarang udara panas masih terasa di kamar. Kondisi tersebut kadang membuat tidur tidak nyenyak bahkan sulit tidur dan berakhir begadang.

Berikut Borobudurnews.com rangkum dari berbagai sumber, tentang tips tidur nyenyak saat udara panas.

Gunakan pakaian yang nyaman

Pilihlah pakaian yang nyaman seperti piyama atau gaun tidur yang paling tipis dan ringan. Hal ini dapat membuat tubuh kamu lebih rileks dan tidak kepanasan.

Perhatikan kasur dan seprai yang digunakan

Serat kasur dapat memengaruhi kenyamanan saat tidur. Sebaiknya mulai sekarang perhatikan kasur yang akan kamu gunakan untuk tidur, seperti jumlah serat dan tingkat kerenggangannya.

Selain itu, penggunaan seprai juga perlu diperhatikan. Semakin tinggi jumlah benang yang digunakan sebuah seprai, akan semakin sulit kamu bernapas. Pertimbangkan menggunakan seprai yang memiliki jumlah benang yang lebih rendah pada musim panas.

Gunakan bantal yang sesuai

Bantal yang baik dapat mendorong aliran udara menjadi lebih baik dan tidak menyerap panas. Selain itu juga penggunaan sarung bantal.

Sarung bantal sutra adalah yang terbaik, karena dapat mengatur suhu alami, lebih lembut untuk rambut, dan bisa melindungi kulit halus di wajah dalam jangka panjang.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Mandi sebelum tidur

Mandi menggunakan air dingin tepat sebelum tidur. Hal ini akan menurunkan suhu tubuh dan menghindari perasaan lengket ketika udara terlalu panas.

Membuka tirai atau jendela kamar

Saat bangun tidur, kamu harus segera membuka tirai atau jendela kamar. Sinar matahari alami akan membantu tubuh memproduksi vitamin D dan meningkatkan kadar serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Sedangkan pada sore hari, tutup kembali tirai. Cara ini akan menjaga suhu di kamar tidur tetap rendah dan membuat tidur kamu di malam hari lebih nyaman.

Memastikan udara mengalir

Ventilasi adalah kunci agar tubuh tetap terasa sejuk. Jika kamu memiliki kipas angin, arahkan ke jendela yang terbuka dan taruh kasur di antaranya. Dengan cara itu, angin akan tetap mengalir ke dalam kamar.

Selain itu, kamu juga bisa posisikan kipas angin di kaki tempat tidur. Jangan mengarahkan kipas angin langsung ke wajah, tapi tempatkan di dekat kaki untuk membantu sirkulasi udara dingin, tanpa menyebabkan otot leher tegang karena angin. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: