Tokoh Spiritual Lereng Merapi Mbah Gini Berpulang

BNews—DUKUN— Gini Karyo Redjo atau yang akrab disapa Mbah Gini dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (1/9/2021) malam. Mbah Gini dikenal sebagai tokoh Spiritual asal Desa Sumber Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

”Iya (meninggal dunia) tadi malam, pukul 22.30 wib,” kata salah satu kerabat Mbah Gini, Eko Kalisno, Kamis (2/9/2021).

Diketahui, Mbah Gini memiliki padepokan yang sering disebut Pelataran Candi Siwa. Didalam padepokan, terdapat patung Dewa Siwa dan Dewa Wisnu dengan bangunan dibuat seperti tribun dari batu merapi.

Selain disebut Pelataran Candi Wisnu dan Padepokan Mbah Gini, lokasi ini disebut juga Candi Semar Sewu. Dengan model arsitekturnya jawa kuno yang dipenuhi ornamen dan relief mirip Candi Borobudur.

Acara besar juga pernah dilaksanakan di padepokan tersebut. Seperti pada tahun 2018 silam, saat itu kegiatan ritual. Ada juga doa lintas agama baik Islam, Hindu, Kristen dan lain sebagainya. Tentunya acara slametan dan pentas seni budaya rakyat.

Di daerah setempat, Mbah Gini dikenal sebagai tokoh spiritual. Banyak orang dari berbagai daerah datang kepadanya untuk meminta nasehat dan meminta petunjuk.

Sempat viral pada awal tahun 2017, terkait pernikahan seorang perempuan bernama Sri Barono Jagat Parameswari dengan tokoh ghaib dari Katingan bernama Panglima Burung. (mta/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: