UNIK! Besok Siang Orang dan Benda-Benda di Magelang Bakal Tak Punya Bayangan

BNews—MAGELANG— Posisi Matahari berada di atas Pulau Jawa selama sepekan, yakni mulai tanggal 8 hingga 14 Oktober 2021. Di Magelang, posisi titik pusat tata surya tersebut akan berada di atas langit Magelang pada Selasa, (12/10) siang.

Hal tersebut disampaikan Peneliti pada Pusat Riset Sains Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang.

”Fenomena ini terjadi karena sumbu rotasi Bumi yang miring 66,6 derajat terhadap ekliptika,” kata Andi dalam keterangan di Jakarta, Jumat (8/10).

Ia menerangkan, dampak fenomena tersebut adalah ketika tengah hari, tidak ada bayangan yang terbentuk dari benda tegak tak berongga seperti tongkat dan tiang. Oleh karenanya, fenomena itu disebut juga sebagai hari tanpa bayangan di Pulau Jawa.

Selain itu, saat tengah hari, ketika sinar Matahari datang tegak lurus permukaan Bumi, intensitas radiasi Matahari akan maksimum. Sehingga, ketika tutupan awan sangat minim, suhu permukaan Bumi saat siang hari akan maksimum.

”Di Magelang, fenomena hari tanpa bayangan akan terjadi pada Selasa, 12 Oktober 2021 pukul 11.25.38WIB,” sambungnya.

Bagi masyarakat Magelang yang ingin menikmati fenomena hari tanpa bayangan bisa menyiapkan benda tegak seperti tongkat, tiang, spidol, botol, dan sebagainya. Letakkan benda tersebut di permukaan yang rata. Kemudian amati bayangan yang dihasilkan oleh benda tersebut. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: