UNIK !! Ubah Stiker Viral Menjadi Komik Dua Bahasa Untuk Meningkatkan Literasi Sastra Anak

BNews–MAGELANG- Dalam rangka meningkatkan jiwa literasi pada peserta didik, kelompok mahasiswa; MBKM 3 Universitas Muhammadiyah Magelang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), menerapkan sebuah kegiatan literasi yang dikemas secar menarik.

Kelompok mahasiswa yang diterjunkan di SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang melihat banyaknya peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan jiwa literasi siswa. Mengingat pentingnya literasi bagi siswa serta banyaknya manfaat yang dapat diperoleh melalui kegiatan literasi tersebut.

Banyak siswa yang kini gemar mengoleksi sebuag stiker yang tengah marak dikalangan pelajar khususnya sekolah dasar; dapat dimanfatkan dan diambil peluang oleh kelompok mahasiswa MBKM 3 ini.

Selain itu, banyak siswa yang pandai mengolah kata serta pandai berbahasa menjadi penunjang dalam pembuatan kegiatan literasi.

Program kerja Literasi Sastra diolah oleh kelompok mahasiswa untuk menyusun komik sederhana dengan pemanfaatan stiker. Harapannya, stiker tersebut memiliki kebermanfaatan.

Disisi lain selain sebagai peluang, stiker tersebut sebagai wadah ide kreatifnya untuk membuat komik dengan dua bahasa. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Penggunaan dua bahasa sebagai bentuk dukungan bagi siswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik; untuk mampu menuangkan kemampuannya dalam sebuah tulisan serta mampu mengasah kecerdasan mereka.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Mengingat bahwa menyusun komik berbasis stiker ini meningkatkan dua kecerdasan majemuk secara langsung; yaitu kecerdasan verbal – linguistik serta visual – spasial.

Dalam pelaksanaan pembuatan komik diterapkan pada salah satu ekstrakulikuler yang ada di sekolah, yaitu ekstrakurikuler Bahasa Inggris. Dimana pada esktrakulikuler ini siswa diberikan pembelajaran kosa kata atau teori; tetapi pada kali ini siswa diajak untuk mengeksplor sejauh mana penerimaan materi mereka dalam pertemuan sebelumnya.

Praktiknya, pembuatan komik berbasis stiker ini, kelompok mahasiswa membagi siswanya menjadi berkelompok-kelompok. Terdapat dua kelompok bahasa Inggris serta empat kelompok bahasa Indonesia.

Siswa akan menyusun komik tersebut pada buku A6 yang telah disediakan dan siswa akan membawa stiker secara mandiri; meskipun kelompok mahasiswa juga menyediakan. Adapun isi komik tersebut dibebaskan, namun tidak mengandung unsur sara dan hal-hal yang tidak semestinya.

Mustaqim, S.Pd.I, M.Pd, sangat mengapresiasi ide menarik kelompok mahasiswa MBKM 3 SD Mutual 2 Kota Magelang.

”Sebelumnya siswa pernah membuat komik yang kami terbitkan pada majalah Galaksi kami; namun belum ada komik yang memanfaatkan stiker yang tengah marak ini. Sehingga komik stiker ini menarik dan menjadi hal yang baru bagi sekolah. Ternyata stiker ini memiliki daya guna,” katanya.

Dukungan tersebut menjadi semangat bagi kelompok mahasiswa untuk melaksanakan program literasi melalui komik stiker ini. Selain itu, antusias siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler untuk membuat komik sangat tinggi.

Bahkan di tengah-tengah jam istirahat, siswa banyak yang menuju ruangan transit untuk menyelesaikan; komik stiker tersebut menjadi cerita yang lengkap dengan penuh warna dan gambar menarik.

“Seru sekali, sebab kita dapat menggunakan stiker sebagai gambarnya. Kami tidak perlu menggambar; hanya perlu menggunakan stiker yang banyak untuk membuat komik menjadi menarik dan memiliki cerita yang berkaitan. Buku komik juga menjadi berwarna warni sesuai kreatifitas kami,” – Ujar Queen salah satu siswa ekstrakurikuler bahasa Inggris yang mengikuti kegiatan literasi komik stiker. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: